Saat ini sudah banyak struktur bangunan yang memakai konstruki baja.
Selain prosesnya dapat dilakukan dengan cepat (cocok untuk metode fast track),
dan dalam skala besar harganya juga lebih murah (karena waktu
pengerjaannya relatif singkat). Namun pelaksanaannya membutuhkan tingkat
keakuratan yang tinggi, karena hubungan antar sambungan yang mayoritas
mengggunakan baut, dimana jika lubangnya sampai meleset beberapa mili
saja, maka bautnya tidak akan pas masuk ke lubang.
Walaupun dalam perencanaannya sudah matang, namun apa yang terjadi di lapangan kadang jauh dari harapan.
Gambar 1. Perencanaan Bangunan dengan Struktur Baja (ETABS)
- Pengukuran dan pemetaan titik- titik pondasi yang meleset
- Penurunan tanah yang tidak serempak antar pondasi satu dengan pondasi yang lain
- Profil baja yang cacat (bisa karena kesalahan pabrikasi atau profil baja yang melengkung)
- Kurangnya ketelitian dan keahlian dalam pelaksanaannya
Gambar 2. Penarikan paksa kuda- kuda rafter bentang 23 m dengan tambang yang kurang pas dengan lubang bautnya.
Gambar 4. Lubang baut yang di bross (diperbesar) agar bautnya dapat masuk (kasus sambungan antara poer pondasi dengan kolom baja)
Gambar 5. Kolom baja yang dilubangi hanya karena pipa drainase yang
meleset. Kasus ini lebih karena kurangnya koordinasi antara pekerja
dengan bagian plumbing, padahal pipa drainase tersebut bisa dibuat baru
lagi di luar tembok dan tanpa harus merusak struktur kolom.
Gambar 6. Profil yang tidak sesuai ukuran (bisa karena kesalahan pabrikasi atau kesalahan gambar).
Gambar 8. Penghalusan permukaan ujung profil balok dengan gerinda
Gambar 9. Profil yang telah dimodifikasi ukurannya
Gambar 10. Profil yang telah pas dan terpasang ke struktur.
Gambar 11. Sambungan kolom dengan kuda- kuda rafter yang renggang dan menimbukan celah, karena profilnya kurang panjang beberapa cm saja. Solusinya, dengan menambahkan tulangan sebagai pengganjal. Kemudian di las, agar menjadi satu kesatuan.
Gambar 11. Sambungan kolom dengan kuda- kuda rafter yang renggang dan menimbukan celah, karena profilnya kurang panjang beberapa cm saja. Solusinya, dengan menambahkan tulangan sebagai pengganjal. Kemudian di las, agar menjadi satu kesatuan.
Gambar 12. Profil yang telah diselipkan tulangan dan di las agar menjadi satu kesatuan.
sumber
0 komentar:
Posting Komentar