Contoh Makalah PRAKERIN (Praktek Kerja Industri)
Contoh Makalah PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) - Teman-teman
semua apakah kalian sudah pernah melaksanakan kegiatan Prakerin atau
istilahnya Praktek Kerja Industri? nah pasti setelah melaksanakan
Prakerin anda bingung waktu di suruh membuat makalah hasil Prakerin
tersebut. Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi Contoh Makalah
Prakerin (Praktek Kerja Industri) yang tersedia dibawah ini.
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI D.D COMPUTER SYSTEM
Jl. Re Marthadinata No.168 Tasikmalaya
Disusun
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Dalam Menempuh
Ujian Akhir Prakerin Tahun Pelajaran
2012/2013
(Logo Jurusan)
Oleh :
Nama : Andres Septian
NIS : 1112101193
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TASIKMALAYA
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN SMK CIJANGKAR
PROGRAM
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
2013
i
LEMBAR PENGESAHAN DARI PERUSAHAAN
Laporan
ini telah diperiksa dan disahkan pada
Tanggal _____ Bulan _______________
Tahun 2013
Pembimbing Praktek DU/DI,
SENDI M.H
Mengetahui :
Pimpinan Instansi / Perusahaan,
DEDIS NUGRAHA
ii
LEMBAR
PENGESAHAN DARI SEKOLAH
Laporan
ini telah diperiksa dan disahkan pada
Tanggal……….Bulan……………………Tahun
2013
Ketua Program Keahlian Pembimbing
Teknik Komputer dan Jaringan,
DEDEN SOPYAN MARINI DEWI A, S.Si
Mengetahui / Menyetujui
Kepala Sekolah,
Drs. H.E. MUHTAROM, M.SI
iii
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan penyusunan
Laporan Praktik Kerja Industri di D.D COMPUTER SYSTEM
Tujuan dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini adalah untuk memenuhi
salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir prakerin tahun pelajaran 2012/2013. Laporan ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya yang
penulis dapatkan selama melaksanakan Praktik Kerja Industri di D.D COMPUTER
SYSTEM.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja
Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada
kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Drs. H.E MUHTAROM, M.SI, selaku kepala
sekolah SMK CIJANGKAR.
2.
Deden Sopyan, selaku Kepala Program
TKJ.
3.
Dedis Nugraha, selaku Pimpinan DU/DI.
4.
Sendi M.H, Selaku Pembimbing DU/DI.
5.
Marini Dewi A, S.Si, selaku pembimbing
sekolah.
6.
Muhammad R.A, Suhendra, Rizal B &
Aditiya, selaku karyawan DU/DI.
7.
Budiana, Deden Bray, Devis, Temy &
Ujang, selaku Lising DU/DI.
8.
Bapak dan Ibu Guru SMK CIJANGKAR.
9.
Semua pihak yang turut membantu dalam
pelaksanaan Praktek Sistem Ganda.
10.
Keluarga dan Teman-teman.
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Harapan
dari penulis semoga laporan yang memuat pengalaman dan pengetahuan yang
didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi
siswa-siswi SMK Cijangkar.
Tasikmalaya, 2013
Penyusun
iv
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN………………………………………..i
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH……..………………………………..……..ii
LEMBAR PENGESAHA SIDANG…………………..…………………….………iii
KATA
PENGANTAR……………………………………………….……………..iv
DAFTAR
ISI…………………................................................................................v
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang………………….………………………….………..
1.2. Tujuan Praktik Kerja Industri………….……………………….…….
1.3. Sasaran pokok Praktik Kerja Industri……….………………...……..
1.4. Tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri………………….
1.5. Metode pengumpulan Data……………………………….………..
1.6..Sistematika.Penulisan.Laporan.Praktek.Kerja.Industri……………..
BAB II LANDASAN
TEORI
2.1. Gambaran Umum Perusahaan/Instansi………………..……..…….
2.2.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri……….…..
2.3. Kompetensi yang diajarkan……………..…………………….……
2.4. Pembahasan Prakerin………………………………………..……..
2.5. Masalah yang dihadapi dan penanganan masalah…………..……
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan………………………...………………………….……
3.2. Saran……………………………………...………………...………
LAMPIRAN-LAMPIRAN
v
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN)
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian
dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/
industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa
lulusan SMK mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha
tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat
Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas
dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat
dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga
kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak
semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi
harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik. Ada
dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/perusahaan atau
instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program
keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan
bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan,
sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.
1.2.
Tujuan Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN)
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan suatu system pembelajaran
yang dilakukan di luar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada
perusahaan/industri atau instansi yang relevan.
Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Industri ditujukan
untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi,
penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan
menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa
melaksanakan program Praktek Kerja Industri secara khusus siswa diharapkan
memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan
kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi. Dan
mempersiapkan para siswa/siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja
dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan
bakat masing-masing.
Penyelenggaraan praktik kerja industri (PRAKERIN) pada SMK
bertujuan untuk:
a. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas,
yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat
pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan
pekerjaan.
b. Memperkokoh link and
match antara SMK dan dunia kerja.
c. Meningkatkan efektifitas dan efesiensi
proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
d. memberi pengakuan dan penghargaan terhadap
pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
1.3.
Sasaran pokok Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN)
Melihat
kenyataan di atas, Dikmenjur menetapkan strategi operasional yang berdasarkan
pada kebijakan “Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan) Departemen
Pendidikan dan kebudayaan dalam model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda.
Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam
Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor
20 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP Nomor 39 1992 tentang Peran serta
Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Kepmendikbud Nomor080/U/1992 tentang
Seklah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum
SMK.
1.4.
Tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja
Industri (PRAKERIN)
Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat
melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga
dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang
harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama PRAKERIN. Tujuan dari
pembuatan laporan tersebut antara lain adalah :
1. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama
mengikuti Praktek Kerja Industri.
2. Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang
diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
3. Menambah perbendaharaan perpustakaan
Sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
4. Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan
kegiatan.
5. Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan
praktek yang di lakukan di DUDI (Dunia Industri).
6. Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional.
Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mngikuti praktek di dunia
usaha/industri.
1.5.
Metode Pengumpulan Data
Metode untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyusun
laporan kami mengambil metode wawancara.
Metode ini
merupakan metode yang paling efektif dalalam mengumpulkan data-data yang
diperlukan. Dengan metode ini penulis secara
langsung melakukan wawancara dengan pembimbing di lapangan dan
karyawan. Data-data yang diperoleh dengan metode ini antara lain ;
1. Gambaran Umum Perusahaan
2. Struktur Organisasi Perusahaan
2. Bidang Usaha
3. Inventarisasi tentang alat-alat dan benda-benda yang di
kerjakan di tempat Prakerin.
1.6.
Sistematika Penulisan Laporan Praktek
Kerja Industri
Penulisan Laporan Praktek Kerja Industri terdiri atas 3 (tiga) bab
dengan perincian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan membahas Latar Belakang
Pelaksanaan Laporan Kerja Praktek, Tujuan Kerja Praktek, Sasaran pokok Praktik
Kerja Industri, Tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri, Metode
pengumpulan Data, dan Sistematika Penulisan Laporan Praktek Kerja Industri
BAB II : PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
Pada Bab ini membahas Gambaran umum PT.
Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Industri,
Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri, Kompetensi yang diajarkan, Pembahasan
Prakerin, dan Masalah yang dihadapi dan penanganan masalah.
BAB III : PENUTUP
Berisikan kesimpulan dan saran selama
pelaksanaan Kerja Praktek ini.
BAB II
DESKRIPSI
LOKASI PSG
2.1. Sejarah Singkat D.D Computer System
Multitech 2 di bentuk dengan tujuan untuk
lebih mengembangkan perusahaan. Untuk menciptakan kemandirian maka Multitech
pusat yang beralamat di Jl. BKR no.9B Kota Tasikmalaya, mengijinkan karyawan
yang sudah dirasa cukup dan mampu dari segi ilmu dan pengetahuan, untuk
mengembangkan diri dengan membuka toko/service sendiri dengan tetap menjaga
nama baik Multitech pusat.Multitech 2 di dirikan pada tanggal 1 Januari 2008.
Seiring dengan berkembangnya jaman
maka Multitech 2 di rubah namanya dengan D.D Computer System pada tanggal 17
Juli 2008.Perusahaan ini di pimpin oleh Bapak Dedis Nugraha.Meskipun namanya di
rubah, tetapi perusahaan ini masih menginduk kepada Multitech pusat.
Dan kini perusahaan ini telah
berkembang dengan baik dan perusahaan menjual berbagai macam hardware beserta
PC, acesories serta menerima service.
Gambar D.D
Computer System
Ø Fasilitas
Perusahaan
Fasilitas yang dimiliki dan dimanfaatkan oleh
D.D Computer system saat ini adalah :
1.
Toko dengan
status milik sendiri terletak di Jl.RE Marthadinata no. 168 Tasikmalaya
2.
Ruang kerja
terdiri dari :
a. Ruang toko
Gambar Ruang Toko
b. Ruang Administrasi
c. Ruang Service
Gambar Ruang Tamu Service
3.
Perlengkapan yang
digunakan terdiri dari :
a. Sebuah Personal Computer (PC)
b. Printer
c. DVD RW eksternal
d. Flashdisk
e. Internet
f.
Obeng
g. Adaptor Universal
h. Card rider
i.
Hardisk eksternal
j.
Stick game
k. Netbook/laptop
l.
Acesories
computer (mouse, kabel power, keyboard dll.)
m. Driver (XP, Win 7, Aplikasi, Game, dll.)
Ø Visi, Misi, dan
Moto Perusahaan
VISI
“Menjadi Wiraswasta Propesional yang
Menjungjung Tinggi Keramahan dan Kesopanan”
MISI
1. Mewujudkan instrument jual beli yang mampu
mengakomodasi kepentingan masyarakat.
2. Melaksanakan perdagangan yang efektif,
efisien, responsive, dan transparan.
3. Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi
pengeluaran dan efektifitas
4. Melaksanakan perdagangan dengan penuh tanggung
jawab.
MOTO
“KAMI TETAP
RAMAH MELAYANI ANDA”
Ø Tujuan
Didirikannya Perusahaan
1. Memberikan alternative program diklat kepada
masyarakat untuk mengembangkan keahlian yang diminatinya khususnya bidang
teknik computer dan jaringan.
2. Sebagai fasilitator dalam rangka menyiapkan
tenaga profesional dibidang teknik computer & jaringan untuk menyiapkan
tenaga administrasi pada home-home industry yang sangat marak berkembang.
3. Menyiapkan tenaga kerja terampil yang dapat
menembus kebutuhan ketenagaan didunia usaha atau dunia industry serta mampu
memgembangkan usaha mandiri,yang memiliki jiwa wiraswasta dengan membuka
rental-rental computer.
4. Meningkatkan keterampilan dan keahlian sumber
daya manusia yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan hasil daerah.
Ø Struktur
Organisasi
Pimpinan Perusahaan
Dedis
Nugraha
|
Sekertaris/Administras
Lelly
S.J.
|
Manager marketing
Budiyan
|
Spesialis hardware
Sendi M.H.
|
Spesialis printer
Muhammad R.A.
|
Spesialis Monitor
Rizal Badar
|
Ø Uraian
Pembagian Tugas DD Computer System
No.
|
Jabatan
|
Nama
|
1.
|
Pimpinan
Perusahaan
|
Dedis
Nugraha
|
2.
|
Administrasi/Sekertaris
|
Lelly
Siti Juhriah
|
3.
|
Manager
Marketing
|
Budiyana
|
4.
|
Spesialis
Hardware
|
Sendi
Muhammad Husaeni
|
5.
|
Spesialis
Monitor
|
Rizal
Badar
|
6.
|
Spesialis
Printer
|
Muhammad.Rizky Abudullah
|
Ø Gambar Denah
DD Computer System
Garasi
PARKIR R.tamu Kamar
Gudang
TOKO
STOCK R.Makan DAPUR
R.Service
Hardware Monitor Printer Kamar R.Makan DAPUR WC
|
Ø Sistem
Penerimaan Tenaga Kerja dan Penggajian
Sistem yang di gunakan di DD Computer System adalah dilihat dari
beberapa kriteri beriku ini :
a). Handal dalam bidang perkomputeran
b). Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
c). Berprilaku baik, jujur, sopan dan santun
d). Supel dalam bergaul
e). Ramah terhadap para konsumen DD Computer
System
f). Berpenampilan baik
*Penggajian dilaksanakan pada setiap tanggal
17 setiap bulannya.
2.2. Waktu Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
Waktu untuk melaksanakan Praktik kerja industri (PRAKERIN)
adalah mulai dari tanggal 23 Desember s/d 23 Maret. Praktik kerja industri di D.D
COMPUTER SYSTEM. dimulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB yang terdapat jam
istirahat pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB.
2.3. Kompetensi yang diajarkan,
antara lain :
Kompetensi yang diajarkan di D.D
COMPUTER SYSTEM, antara lain :
1. Menginstall Windows 7
Siswa
Prakerin diharapkan dapat menguasai/memahami penginstalan Windows.
2. Merakit PC (Personal Computer)
Siswa
dapat menguasai semua komponen-komponen pada PC.
2.4.. Pembahasan Praktek Kerja Industri
1.
Objek Pekerjaan Menginstall Windows 7
Nama Perusahaan
|
D.D
COMPUTER SYSTEM
|
Divisi/bagian
|
Teknisi
|
Nama
Pekerjaan
|
Menginstall
Windows 7
|
a.
Tujuan Kerja
v Untuk Menerapkan Sistem Operasi pada
netbook/laptop.
b.
Prosedur Kerja
v Dengan mencoba menginstall
netbook/laptop tersebut.
2.
Objek Pekerjaan Merakit PC
Nama Perusahaan
|
D.D
COMPUTER SYSTEM
|
Divisi/bagian
|
Teknisi
|
Nama
Pekerjaan
|
Merakit
PC
|
a.
Tujuan Kerja
v Untuk Mengetahui beberapa komponen
yang ada pada PC.
b.
Prosedur Kerja
v Dengan mencoba Merakit PC tersebut.
Ø Penginstalan Windows 7
1. Persiapan Penginstalan :
·
Flashdisk yang sudah ada program Windows 7.
·
Netbook yang akan diinstall ulang.
2. Setting BIOS :
·
Masukan Flashdisk yang sudah ada program windows 7.
·
Nyalakan komputer, pada proses booting tekan F2
hingga masuk BIOS.
·
Pilih Menu boot, lalu ubah “boot prority ordernya
menjadi (USB Flashdisk) dengan cara sesuai dengan perintah yang ada.
·
Lalu sesudah itu tekan F10 atau ESC untuk
menyimpan perubahan Bootnya, kemudian tekan Enter.
Gambar
Tamilan awal instalasi windows 7
1. Pilih bahasa anda, waktu & format
mata uang, keyboard atau metode input dan klik Next.
Gambar
Tampilan pemilihan bahasa
2. Klik Install now.
Gambar
Tampilan Kolom Untuk Mulai Menginstal
3. Conteng I accept the license terms dan
kiln Next
Gambar
Tampilan License Microsoft
4.
Klik
Upgrade
jika Anda sudah mempunyai versi Windows sebelumnya atau Custom
(advanced) jika anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin
menginstal salinan baru Windows 7.
Gambar
Memilih Tipe Installasi
5. (Lewati langkah ini jika Anda memilih Upgrade
dan hanya memiliki satu partisi) Pilih drive mana Anda ingin menginstal Windows
7 dan klik Next. Jika Anda ingin membuat partisi, klik opsi Drive options (advanced), buatlah partisi dan kemudian klik Next.
Gambar
Tampilan Partisi Hardisk
6. Sekarang akan dimulai menginstal Windows 7.
Langkah pertama, (yaitu Windows mulai menyalin file) sudah dilakukan ketika
anda booting DVD/fd Windows 7 sehingga
akan selesai seketika.
Gambar
Menyalin File
7. Setelah menyelesaikan langkah pertama,
ia akan memperluas (decompress) file
yang telah disalin.
Gambar
Memperluas
(decompress) file yang telah disalin.
8. Langkah ketiga dan keempat juga akan
dselesaikan langsung seperti langkah pertama.
Gambar
Tahap Installing Features
Gambar
Tahap Installasing Updates
9. Setelah itu secara otomatis akan
restart setelah 15 detik dan melanjutkan setup. Anda juga dapat klik Restart now untuk
restart tanpa perlu menunggu.
Gambar Windows Restart
Gambar
Tampilan Awal Setelah Restart
Gambar Setup Updating Registry Setting
10. Setelah restart untuk pertama kalinya, proses setup akan dilanjutkan. Ini
adalah langkah terakhir sehingga akan mengambil waktu yang agak lamadaripada
langkah sebelumnya.
Gambar
Completing Installasion
11. Sekarang akan otomatis restart lagi dan melanjutkan setup. Anda
dapat klik Restart now untuk restart tanpa perlu menunggu.
Gambar
Tampilan Awal Setelah Restart
Gambar
Persiapan Masuk Windows
Gambar Cek
Performance Video
12. Ketik nama pengguna yang Anda inginkan
dalam kotak-teks dan klik Next.
Nama komputer akan otomatis terisi.
Gambar
Pengisian Nama Komputer
13. Jika Anda ingin mengatur sandi, ketik
di kotak teks dan klik Next.
Gambar
Pengisian Password
14. Ketik kunci produk Anda dalam
kotak-teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin mengetik kunci produk
nanti. Windows akan berjalan hanya
selama 30 hari jika Anda melakukan ini.
Gambar
Pengisian Product Key
15. Pilih opsi yang anda inginkan untuk Windows Update.
Gambar
Pemilihan Windows Update
Gambar
Pengaturan Zona Waktu
Gambar
Tampilan Penyelesaian Installasi
Gambar
Tampilan Awal Windows 7
Gambar
Persiapan untuk masuk Dekstop
16. Proses installasi melalui USB sudah selesai
Gambar
Tampilan Window 7
2.5.
Masalah yang di Hadapi dan
Penanganan Masalah
Ø Masalah yang dihadapi :
·
Menginstal Windows
1.
Pada saat proses penginstallan Windows
seringkali tidak berjalan dengan baik.
2.
Pada saat proses pembagian harddisk
seringkali dalam pembagian harddisknya tidak dapat dilakukan.
·
Penginstalan Driver
1.
Pada saat penginstallan driver seringkali ada beberapa driver yang
tidak support dengan laptop/netbooknya tersebut.
2.
Sesudah penginstallan driver saat direstart tidak muncul ke layar
window, di karnakan driver VGA tersebut tidak cocok.
·
Merakit PC
1.
Waktu sesudah di rakit ketika akan dinyalakan tidak menyala ketika di
tekan tombol powernya dikarnakan ada kesalahan saat memasang kabel Power SW.
2.
Pada saat hasil rakitan akan dinyalakan komponen heatsink tidak
berjalan, dikarnakan kabelnya kurang pas menerap pada slotnya.
Ø Penanganan Masalah :
Dalam penanganan masalah yang penulis
hadapi tidak lain yaitu meminta petunjuk kepada pembimbing, bagaimana supaya
masalah yang ada dapat diselesaikan dengan benar. Selain itu penulis juga harus
mempunyai kepercayaan diri atas solusi yang telah penulis dapatkan dari
pembimbing. Semua tindakan tidak akan tercapai tanpa adanya keinginan, niat dan
do‟a.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Sistem
Operasi Komuter adalah perangkat lunak computer atau software yang bertugas
untuk melakukan control dan manajemen perangkat keras dan juga opesi-operasi
dasar system, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program
pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. System
Operasi dalam bahasa inggrisnya disebut Operating
System, atau biasa disingkat dengan OS.
Sebuah
boot disk adalah sebuah media
penyimpanan data digital (disk) yang
mudah dilepas (removable) yang dapat
digunakan computer untuk memuat dan menjalankan (boot) system operasi atau program utilitas, Komputer yang
bersangkutan harus memiliki program built-in untuk membuat dan menjalankan
program boot dari sebuah disk sesuai standar tertentu.
3.2. Saran
1. Siswa peserta prakerin selanjutnya perlu
ditempatkan ditempat-tempat yang sesuai dengan jurusan supaya bisa lebih
mendalami dan menambah wawasan pengetahuan dari tempat prakerin tersebut.
2. Sekolah harus lebih memperhatikan terhadap
siswa yang sedang melaksanakan prakerin , dalam pelaksanaan dan dalam hal yang
bersangkutan dengan perusahaan yang di tempati.
3. Mungkin akan lebih jika pelaksanaan prakerin
dipersiapkan terlebih dahulu dengan matang tidak mendadak, demi kelancaran
kegiatan prakerin.
thanks, bermanfaat sekali
BalasHapus