- Halaman Sampul
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- Pendahuluan
- Latar Belakang
- Rumusan Masalah
- Pembahasan
- Kesimpulan dan Saran
- Daftar Pustaka
Berikut contoh makalah berjudul “karakteristik Perkembangan Sosial Remaja”.
Contoh Makalah
KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA
Tugas Mandiri
Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
Mata Kuliah : Perkembangan Peserta Didik
#LOGO#
Disusun oleh :
Nama : YULI SITI RODIYAH
NIM : 2013150152
Ruang : 02 PPKMB
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
UNIVERSITAS PAMULANG
2014
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, Puja dan Puji hanya
layak tercurahkan kepada Allah SWT. , karena atas limpahan karunia-Nya.
Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad
Shallallahu’alaihi wa sallam. Manusia istimewa yang seluruh perilakunya
layak untuk diteladani, yang seluruh ucapannya adalah kebenaran, yang
seluruh getar hatinya kebaikan. Sehingga Penulis dapat menyelesaikan
tugas mandiri ini tepat pada waktunya.
Penulis sangat tertarik untuk mengajukan Judul : KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA.
Banyak kesulitan dan hambatan yang
Penulis hadapi dalam membuat tugas mandiri ini tapi dengan semangat dan
kegigihan serta arahan, bimbingan dari berbagai pihak sehingga Penulis
mampu menyelesaikan tugas mandiri ini dengan baik, oleh karena itu pada
kesempatan ini, Penulis mengucapkan terima kasih kepada :
- Perempuan istimewa Mamah dan Alm ayah yang selalu menjadi inspirasiku, serta mencurahkan kasih sayang tanpa pamrih.
- Bapak Sucipto sebagai dosen Perkembangan Peserta Didik. Semoga ilmunya berkah dan menjadi aliran amal hingga kelak di Barzakh.
- Mahardika, yang sudah memberikan motivasinya dan teman – teman kelas 02PPKMB.
Penulis menyimpulkan bahwa tugas
mandiri ini masih belum sempurna, oleh karena itu Penulis menerima saran
dan kritik, guna kesempurnaan tugas mandiri ini dan bermanfaat bagi
Penulis dan pembaca pada umumnya.
Pamulang, Maret 2014
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………………………… iKATA PENGANTAR……………………………………………………………………………………. ii
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………… iv
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………………….. 1
- Latar Belakang…………………………………………………………………………… 1
- Rumusan Masalah………………………………………………………………………. 2
- Pengertian Perkembangan Sosial………………………………………………….. 3
- Ciri Perkembangan Sosial……………………………………………………………. 3
- Penyesuaian Karakteristik Sosial Remaja………………………………………. 4
- Transisi Sosial……………………………………………………………………………. 5
- Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial…………….. 5
DAFTAR PUTAKA………………………………………………………………………………………. 8
Pada unduhan akan lebih rapih, dan sama rata marginnya.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peserta didik adalah makhluk sosial.
Sebagai makhluk sosial, ia membutuhkan orang lain untuk dapat tumbuh
kembang menjadi manusia yang utuh. Dalam perkembangannya, pendapat dan
sikap peserta didik dapat berubah karena interaksi dan saling
berpengaruh antar sesama peserta didik maupun dengan proses sosialisasi.
Dengan mempelajari perkembangan hubungan sosial diharapkan dapat
memahami pengertian dan proses sosialisasi peserta didik.
Pada awal manusia dilahirkan belum
bersifat sosial, dalam arti belum memiliki kemampuan dalam berinteraksi
dengan orang lain. Perkembangan sosial pada masa remaja berkembang
kemampuan untuk memahami orang lain sebagai individu yang unik. Baik
menyangkut sifat-sifat pribadi, minat, nilai-nilai atau perasaan
sehingga mendorong remaja untuk bersosialisasi lebih akrab dengan
lingkungan sebaya atau lingkungan masyarakat baik melalui persahabatan
atau percintaan. Pada masa ini berkembangan sikap cenderung menyerah
atau mengikuti opini, pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran, keinginan
orang lain. Ada lingkungan sosial remaja (teman sebaya) yang menampilkan
sikap dan perilaku yang dapat dipertanggung jawabkan misalnya: taat
beribadah, berbudi pekerti luhur, dan lain-lain. Tapi ada juga beberapa
remaja yang terpengaruh perilaku tidak bertanggung jawab teman
sebayanya, seperti : mencuri, pergaulan bebas, narkotik, miras, dan
lain-lain. Remaja diharapkan memiliki penyesuaian sosial yang tepat
dalam arti kemampuan untuk mereaksi secara tepat terhadap realitas
sosial, situasi dan relasi baik di lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat.
Oleh karena itu, penyusun ingin membuat makalah dengan judul : “Karakteristik Perkembangan Sosial Remaja”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.- Apa yang dimaksud dengan perkembangan sosial ?
- Apa saja ciri – ciri perkembangan sosial remaja ?
- Apa saja ruang lingkup perkembangan karakteristik sosial remaja ?
- Bagaimana transisi sosial remaja ?
- Apa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial ?
PEMBAHASAN
A. Pengertian Perkembangan Sosial
Perkembangan sosial adalah kemajuan
yang progresif melalui kegiatan yang terarah dari individu dalam
pemahaman atas warisan sosial dan formasi pola tingkah lakunya yang
luwes. Hal itu disebabkan oleh adanya kesesuaian yang layak antara
dirinya dengan warisan sosial itu.
Menurut Elizabeth B. Hurlock,
perkembangan sosial adalah kemampuan seseorang dalam bersikap atau tata
cara perilakunya dalam berinteraksi dengan unsur sosialisasi di
masyarakat.
Jadi, dapat diartikan bahwa perkembangan
sosial akan menekankan perhatiannya kepada pertumbuhan yang bersifat
progresif. Seorang individu yang lebih besar tidak bersifat statis dalam
pergaulannya, karena dirangsang oleh lingkungan sosial, adat istiadat,
kebiasaan – kebiasaan kelompok dimana ia sebagai salah satu anggota
kelompoknya.
B. Ciri Perkembangan Sosial Remaja
- Berkembangnya kemampuan memahami orang lain.
- Pemilihan persahabatan dengan kualitas psikologis yang relatif sama dengan dirinya.
- Berkembangnya sikap kecenderungan untuk menyerah atau mengikuti pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran, atau keinginan sebaya.
- Memiliki kemampuan merekasi yang tepat terhadap realitas sosial.
C. Penyesuaian Karakteristik Sosial Remaja
Remaja yang dalam masa mencari dan ingin
menentukan jati dirinya memiliki sikap yang terlalu tinggi menilai
dirinya atau sebaliknya. Mereka belum memahami benar tentang norma-norma
sosial yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat. Keduanya dapat
menimbulkan hubungan sosial yang kurang serasi, karena mereka sukar
untuk menerima norma sesuai dengan kondisi dalam kelompok atau
masyarakat. Sikap menentang dan sikap canggung dalam pergaulan akan
merugikan kedua belah pihak. Oleh karena itu, diperlukan adanya upaya
pengembangan hubungan sosial remaja diantaranya :
- Lingkungan Keluarga
- Menjalin hubungan yang baik dengan anggota keluarga.
- Menerima otoritas orang tua.
- Bertanggung jawab norma-norma yang berlaku dikeluarga.
- Berusaha untuk membantu anggota keluarga, sebagai individu maupun kelompok dalam mencapai tujuannya.
- Lingkungan Sekolah.
- Menghormati dan menerima peraturan sekolah.
- Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
- Bersosisalisasi dengan lingkungan sekolah.
- Lingkungan Masyarakat
- Menghormati hak-hak orang lain
- Bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat.
- Bersimpati dan empati terhadap kesejahteraan orang lain.
- Menghormati nilai-nilai, hukum, tradisi dan kebijakan yang berlaku dimasyarakat.
D. Transisi Sosial
Santrock (2003: 24) mengungkapkan bahwa
pada transisi sosial remaja mengalami perubahan dalam hubungan individu
dengan manusia lain yaitu dalam emosi, dalam kepribadian, dan dalam
peran dari konteks sosial dalam perkembangan. Membantah orang tua,
serangan agresif terhadap teman sebaya, perkembangan sikap asertif,
kebahagiaan remaja dalam peristiwa tertentu serta peran gender dalam
masyarakat merefleksikan peran proses sosial-emosional dalam
perkembangan remaja. John Flavell (dalam Santrock, 2003: 125) juga
menyebutkan bahwa kemampuan remaja untuk memantau kognisi sosial mereka
secara efektif merupakan petunjuk penting mengenai adanya kematangan dan
kompetensi sosial mereka.
E. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial
Perkembangan sosial manusia dipengaruhi
oleh beberapa faktor yaitu: keluarga, kematangan anak, status ekonomi
keluarga, tingkat pendidikan, dan kemampuan mental terutama emosi dan
inteligensi.
a. Keluarga
Keluarga merupakan lingkungan pertama
yang memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan anak,
termasuk perkembangan sosialnya. Kondisi dan tata cara kehidupan
keluarga merupakan lingkungan yang kondusif bagi sosialisasi anak. Di
dalam keluarga berlaku norma-norma kehidupan keluarga, dan dengan
demikian pada dasarnya keluarga merekayasa perilaku kehidupan anak.
Proses pendidikan yang bertujuan
mengembangkan kepribadian anak lebih banyak ditentukan oleh keluarga.
Pola pergaulan dan bagaimana norma dalam menempatkan diri terhadap
lingkungan yang lebih luas ditetapkan dan diarahkan oleh keluarga.
b. Kematangan Anak
Bersosialisasi memerlukan kematangan
fisik dan psikis. Untuk mampu mempertimbangan dalam proses sosial,
memberi dan menerima pendapat orang lain, memerlukan kematangan
intelektual dan emosional. Di samping itu, kemampuan berbahasa ikut pula
menentukan.
Dengan demikian, untuk mampu
bersosialisasi dengan baik diperlukan kematangan fisik sehingga setiap
orang fisiknya telah mampu menjalankan fungsinya dengan baik.
c. Status Sosial Ekonomi
Kehidupan sosial banyak dipengaruhi oleh
kondisi atau status kehidupan sosial keluarga dalam lingkungan
masyarakat. Masyarakat akan memandang anak, bukan sebagai anak yang
independen, akan tetapi akan dipandang dalam konteksnya yang utuh dalam
keluarga anak itu. “ia anak siapa”. Secara tidak langsung dalam
pergaulan sosial anak, masyarakat dan kelompoknya dan memperhitungkan
norma yang berlaku di dalam keluarganya.
Dari pihak anak itu sendiri, perilakunya
akan banyak memperhatikan kondisi normatif yang telah ditanamkan oleh
keluarganya. Sehubungan dengan itu, dalam kehidupan sosial anak akan
senantiasa “menjaga” status sosial dan ekonomi keluarganya. Dalam hal
tertentu, maksud “menjaga status sosial keluarganya” itu mengakibatkan
menempatkan dirinya dalam pergaulan sosial yang tidak tepat. Hal ini
dapat berakibat lebih jauh, yaitu anak menjadi “terisolasi” dari
kelompoknya. Akibat lain mereka akan membentuk kelompok elit dengan
normanya sendiri.
d. Pendidikan
Pendidikan merupakan proses sosialisasi
anak yang terarah. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu
yang normatif, akan memberikan warna kehidupan sosial anak di dalam
masyarakat dan kehidupan mereka di masa yang akan datang. Pendidikan
dalam arti luas harus diartikan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh
kehidupan keluarga, masyarakat, dan kelembagaan. Penanaman norma
perilaku yang benar secara sengaja diberikan kepada peserta didik yang
belajar di kelembagaan pendidikan (sekolah).
Kepada peserta didik bukan saja
dikenalkan kepada norma-norma lingkungan dekat, tetapi dikenalkan kepada
norma kehidupan bangsa (nasional) dan norma kehidupan antarbangsa. Etik
pergaulan membentuk perilaku kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
e. Kapasitas Mental, Emosi, dan Intelegensi
Kemampuan berpikir banyak mempengaruhi
banyak hal, seperti kemampuan belajar, memecahkan masalah, dan
berbahasa. Anak yang berkemampuan intelektual tinggi akan berkemampuan
berbahasa secara baik. Oleh karena itu kemampuan intelektual tinggi,
kemampuan berbahasa baik, dan pengendalian emosional secara seimbang
sangat menentukan keberhasilan dalam perkembangan sosial anak.
Sikap saling pengertian dan kemampuan
memahami orang lain merupakan modal utama dalam kehidupan sosial dan hal
ini akan dengan mudah dicapai oleh remaja yang berkemampuan intelektual
tinggi.
KESIMPULAN DAN SARAN
- Kesimpulan
- Perkembangan sosial adalah berkembangnya tingkat hubungan antar manusia berkaitan dengan meningkatnya kebutuhan manusia.
- Perhatian remaja mulai tertuju pada pergaulan dimasyarakat dan mereka membutuhkan pemahaman tentang norma kehidupan yang kompleks. Pergaulan remaja banyak diwujudkan dalam bentuk kehidupan kelompok terutama kelompok sebaya.Perkembangan anak remaja dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu : kondisi keluarga, kematangan anak, status sosial ekonomi keluarga, pendidikan, dan kapasitas mental terutama intelek dan emosi.
- Saran
DAFTAR PUSTAKA
“KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA”, http://nahdamar.blogspot.com/2013/03/karakteristik-perkembangan-sosial-remaja.html
“KARAKTERISTIK REMAJA” http://belajarpsikologi.com/karakteristik-remaja/
[/sociallocker]
Penulis Makalah : Yuli Siti Rodiyah
0 komentar:
Posting Komentar