Di Kufah, Abu Hanifah memiliki seorang tetangga tukang sepatu.
Sepanjang hari bekerja, menjelang malam ia baru pulang ke rumah.
Biasanya ia membawa oleh-oleh berupa daging untuk dimasak atau seekor
ikan besar untuk dibakar. Selesai makan, ia minum-minum seraya
bernyanyi-nyanyi dan berhenti jauh malam setelah ia merasa mengantuk
sekali, kemudian tertidur pulas.
Abu Hanifah yang telah terbiasa melaksanakan shalat sepanjang malam,
tentu saja merasa terganggu oleh suara nyanyian tukang sepatu tersebut.
Namun, ia diam saja. Pada suatu malam, Abu Hanifah tidak mendengar
tetangganya itu bernyanyi-nyanyi seperti biasanya. Sesaat ia keluar
untuk mencari kabarnya, ternyata menurut keterangan tetangga lain, ia
baru saja ditangkap polisi dan ditahan.Seusai shalat subuh, Abu Hanifah naik bighalnya menuju istana. Ia hendak menemui Amir Kufah. Kedatangan Abu Hanifah disambut dengan penuh khidmat dan hormat. Sang Amir sendiri yang berkenan menemuinya.
“Ada yang bisa aku bantu?” tanya sang Amir.
“Tetanggaku tukang sepatu kemarin ditangkap polisi. Tolong lepaskan ia dari tahanan Amir,” jawab Abu Hanifah.
“Baiklah,” kata sang Amir yang segera menyuruh seorang polisi penjara untuk melepaskan tetangga Abu Hanifah yang baru ditangkap kemarin petang.
Abu Hanifah pulang dengan naik bighalnya secara perlahan. Sementara, si tukang sepatu berjalan kaki di belakangnya. Ketika tiba di rumah, Abu Hanifah turun dan menoleh kepada tetangganya itu seraya berkata, “Bagaimana? Aku tidak mengecewakanmu kan?”
“Tidak, bahkan sebaliknya,” jawab si tukang sepatu.
“Terima kasih. Semoga Allah memberimu balasan kebajikan,” lanjut si tukang sepatu
Sejak itu ia tidak lagi mengulangi kebiasaannya, sehingga Abu Hanifah dapat merasa lebih khusyu’ dalam ibadahnya setiap malam.
Tembok Pembatas
Di era globalisasi, kini merupakan sebuah hal biasa ketika setiap
kita terlihat sibuk dalam kesehariannya, bahkan terdapat sebuah ungkapan
“pulang dan pergi seharian sehingga tak mampu melihat matahari terbit dan tenggelam”.
Tingginya tingkat egoisme, individualisme dan hedonisme mengakibatkan
terciptanya “tembok pembatas” dalam bermasyarakat. Adakalanya “tembok
pembatas” dalam bermasyarakat timbul dikarenakan kurangnya intensitas
bersosialisasi dalam bermasyarakat.
Padatnya aktifitas dan besarnya peranan kita dalam sebuah institusi
ataupun organisasi, tak jarang menjadikan sedikitnya waktu untuk
bersosialisasi dalam bermasyarakat. Dalam hal ini, Rasulullah saw telah
mengingatkan umatnya dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh
Tirmidzi, Rasulullah saw menjadikan akhlak kepada tetangga sebagai acuan
penilaian kebaikan seseorang. ”Sebaik-baik kawan di sisi Allah
adalah yang paling baik (budi pekertinya) terhadap kawannya, sebaik-baik
tetangga adalah yang paling baik kepada tetangganya.”
Dan Allahpun berfiman dalam QS. An Nisa’:36, “Berbuat baiklah
kepada kedua orang, ibu bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim,
orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat,
ibnu sabil, dan hamba sahaya. Sesungguhnya Allah tidak menyukai
orang-orang sombong dan membangga-banggakan diri”.
Letak Sebuah Kebermanfaatan
“Khairun naasi anfa’uhum linnaas”, sebaik-baik manusia
adalah siapa yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain. Manusia
bukan sekedar makhluk indvidu, melainkan manusia adalah makhluk social,
yang mana segala yang ada dalam dirinya berpotensi membawa pengaruh
terhadap lingkungan disekitarnya. Menjadi manusia bermanfaat disini
tidaklah sekedar bermanfaat bagi institusinya, golongannya ataupun
organisasinya, melainkan meliputi seluruh aspek kehidupan dalam
bermasyarakat pada umumnya.
“Menjadi ada adalah karunia, sebab kita tak dapat mengadakan
diri kita sendiri. Tapi menjadi ada saja tidaklah cukup, kita ada karena
diperintahkan untuk memiliki makna,” kata Ustadz Ahmad Zairofi.
Bagaimana kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat jika enggan untuk bersosialisasi dalam bermasyarakat?
Sebagaimana kisah Abu Hanifah yang tetap menebarkan kebaikan
terhadap tetangganya dengan membantunya mendapatkan ampunan dari sang
amir hingga menjadikan si tukang sepatu tersadar dan tidak mengulangi
kebiasaan buruknya. Sebagaimana pula kisah khalifah umar yang begitu
memperhatikan kondisi masyarakat disekitarnya, hingga rela menggendong
karung gandum seorang diri guna membantu kekurangan tetangga
disekitarnya.
Islam memerintahkan umatnya untuk bertetangga secara baik. Bahkan,
Rasulullah saw pernah mengira tetangga termasuk dalam ahli waris,
dikarenakan seringnya Jibril mewasiatkan agar bertetangga dengan baik.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Jibril selalu mewasiatkan kepadaku tentang tetangga sampai aku menyangka bahwa ia akan mewarisinya”
(HR Bukhari-Muslim). Namun, ternyata waris atau warisan yang dimaksud
Jibril adalah agar umat Islam selalu menjaga hubungan baik dengan sesama
tetangga. Bertetangga dengan baik itu, termasuk menyebarkan salam
ketika bertemu, menyapa, menanyakan kabarnya, menebar senyum, dan
mengirimkan hadiah. Sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, ”Wahai Abu Dzar, jika engkau memasak sayur maka perbanyaklah airnya dan bagikanlah kepada tetanggamu” (HR Muslim)
Dan dikisahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh bukhari,
terdapat seorang wanita bersusah payah melaksanakan shalat wajib, bangun
malam, menahan haus dan lapar, serta mengorbankan harta untuk berinfak,
namun menjadi mubazir lantaran buruk dalam bertutur sapa dengan
tetangganya. Rasulullah bersumpah terhadap orang yang berperilaku
demikian, tiga kali, dengan sumpahnya, ”Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman…!”
Sahabat bertanya, ”Siapa, ya Rasulullah?”
Beliau menjawab, ”Orang yang tetangganya tidak pernah merasa aman dari keburukan perilakunya”
***
“Ya Tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri dan jika
Engkau tidak mengampuni kami, niscaya kami termasuk orang-orang yg
merugi” (QS.Al A’raf : 23)
lebih baik cantumkan sumber asli jika copaz dari blog orang lain
BalasHapus