Home » » CONTOH LAPORAN PRAKERIN

CONTOH LAPORAN PRAKERIN

LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SOLOK
NAMA           :WIVI MONICA
KELAS                        :XI AP 1
                                               JURUSAN     :ADM PERKANTORAN
SMKN 1 KOTA SOLOK
TAHUN AJARAN 2013/2014
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PRAKERIN INI
DISETUJUI OLEH        :
Guru Pembimbing                                                       Instruktur DU/DI
Dianna Wardi  M.Pd                                                    H.AMRIL S.Ag MM
NIP.198102242006042005                                          NIP.197304241998031008
DISAHKAN OLEH       :
Pimpinan DU/DI                                                          Ketua Program Keahlian
Drs.H.M.NASIR                                                            Dra.HARMAYURITA
NIP.195811031992031001                                          NIP.196605051997022002
i
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Yang mana kegiatan prakerin dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2013 s/d 14 September 2013.
Penulis selalu berusaha demi kesempurnaaan laporan ini, tetapi tentu masih ada kekurangan baik susunan maupun tata bahasanya. Untuk itu penulis sangat berterima kasih atas saran dan kritik dari pembaca semua yang sangat berguna bagi penulis.
Yang pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada :
        Bapak Zuhilmi S.pd MM selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Solok
        Bapak Idasril selaku ketua prakerin
        Ibu Harmayurita selaku ketua program keahlian adm.perkantoran
        Diana Wardi selaku guru pembimbing penulis
        Bapak Drs.H.M.Nasir selaku pimpinan KAN KEMENAG Kota Solok
        Bapak H.AMRIL S.Ag MM selaku instruktur
        Karyawan dan karyawati KAN KEMENAG Kota Solok
        Kedua orang tua beserta kakak dan teman yang selalu mendukung dan mendo’akan agar kegiatan prakerin ini dapat berjalan dengan lancar.
Mudah-mudahan laporan singkat ini dapat memberikan manfaaat terutama buat penulis.
Solok, 14 September 2013
WIVI MONICA
    
ii
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN ................................................................................i
KATA PENGANTAR...........................................................................................ii
DAFTAR ISI......................................................................................................iii
BAB I PENDAHULUAN
·         Latar Belakang.......................................................................................... 1
·         Ruang Lingkup........................................................................................... 1
·         Tujuan Dan Manfaat................................................................................. 2
·         Sumber Data............................................................................................. 2
·         Tempat Dan Waktu Pelaksanaan.............................................................. 2-3
      BAB II PEMBAHASAN
·         Deskripsi Tentang Du/Di...............................................................................4
·         Sejarah Pendirian..........................................................................................4
·         Struktur Organisasi....................................................................................5-6
·         Fasilitas..........................................................................................................7
·         Kegiatan...................................................................................................8-14
·         Kegiatan Selama Prakerin Permasalahan Yang Ditemukan........................15
·         Pemecahan Masalah...................................................................................16
      BAB III PENUTUP
        Kesimpulan..................................................................................................17
        Saran............................................................................................................18
iii
BAB I
PENDAHULUAN
        LATAR BELAKANG
     Sesuai dengan tujuan SMK diantaranya menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan bersifat profesional.
     Keahlian profesional pada dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari, tetapi unsur ‘’kiat” adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan, tetapi dapat dikuasai. Untuk menguasai yaitu melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesional itu sendiri sehingga akan tumbuh suatu keahlian berdasakan pengalaman kerja. SMK selalu ketinggalan dengan perkembangan teknologi yang ada dalam dunia industri. SMK mustahil dapat mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat. Untuk mengatasi ketinggalan SMK maka perlu kerja sama dengan dunia usaha/industri ataupun instansi pemerintah.
 Tujuan yang diharapkan dengan diadakan Praktek Kerja Industri ini adalah :
1.      Tujuan Umum Praktek (Praktek Kerja Industri)
        Agar Tamatan Sekolah menjadi Tamatan tenaga kerja siap pakai
        Memperkokoh hubungan antara sekolah dengan dinas Usaha/kerja
        Meningkatkan efesien pendidikan dan pelatihan tenaga kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
        RUANG LINGKUP
     Dalam laporan ini akan dipaparkan hal-hal mengenai latar belakang, maksud dan tujuan pembuatan laporan serta deskripsi tempat dilaksanakanya kegiatan PRAKERIN dan juga mencangkup didalamnya kegiatan-kegitan pelaksanaan PRAKERIN, permasalahan yang ditemukan serta pemecahanya :
        Menghasilkan tenaga kerja yang memenuhi keahlian profesional (dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan atas dasar kerja yang sesuai tuntutan lapangan kerja).
1
        Memperkokoh “ling and match” antara sekolah dengan dunia kerja.
        Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
        Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dan proses pendidikan (recognition of prior learning) tertentu sesuai dengan peraturan yang berlaku di dunia usaha tersebut.
        Pelaksanaan kegiatan pemberian persiapan mental dan etika ini yang bersifat umum diberikan oleh pokja secara bersama keseluruh siswa yang akan PRAKERIN secara khusus yaitu sesuai dengan tempat PRAKERIN diberikan secara kelompok oleh guru pembimbing.
D.SUMBER DATA
     Data yang menunjang pembuatan laporan ini diperoleh dari buku,profil instansi (tempat dilaksanakan PRAKERIN).Dan melalui pengamatan yang dilakukan dan pengalaman yang diperoleh selama pelaksanaan prakerin.
E.TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAA
      Tempat pelaksanaan :
Tempat penulis melakukan prakerin yaitu : KAN KEMENAG KOTA SOLOK  meliputi :
1.      Kasubbag TU
ü  Bagian Umum
ü  Bagian Keuangan
ü  Bagian kepegawaian
2.      Kasi mapenda
3.      Kasi peka pontren
4.      Kasi bimas
5.      Kasi urais
6.      Kasi haji dan umrah
7.      Kasi Peny.syariah
2
  
     Waktu melakukan prakerin ini adalah sesuai dengan jadwal dari sekolah yaitu 24 Juni 2013 s/d 14 September 2013 sedangkan jam masuk dan jam keluar adalah sesuai dengan Jadwal pada kantor Kementrian Agama Kota Solok yaitu sebagai berikut :
HARI
MASUK
JAM
KET
ISTIRAHAT
KELUAR
SENIN
07. 30
12. 00-13. 00
16.00
SELASA
07. 30
12. 00-13. 00
16.00
RABU
07. 30
12. 00-13. 00
16.00
KAMIS
07. 30
12. 00-13. 00
16.00
JUMAT
07. 30
11. 30-13 .30
16.30
SABTU
LIBUR
3
BAB II
PEMBAHASAN
A.     DESKRIPSI TENTANG DU/DI
1.      SEJARAH PENDIRIAN
     Dalam pelaksanaan pembangunan nasional semangat keagamaan menjadi lebih kuat dengan ketetapan atas asas keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Essa sebagai salah satu asas pembangunan. Hal ini berarti bahwa segala usaha dan kegiatan pembangunan Nasional dijiwai, digerakkan dan dikendalikan oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai nilai luhur yang menjadi landasan spiritual, moral dan etik pembangunan.
     Secara historis benang merah nafas keagamaan tersebut dapat ditelusuri sejak abad V Masehi, dengan berdirinya Kerajaan Kutai yang bercorak Hindu diKalimantan melekat pada kerajaan-kerajaan di Pulau Jawa antara lain Kerajaan Tarumanegara diJawa Barat,dan Kerajaan Punawarman diJawa Tengah.Pada Abad VIII corak agama Budha menjadi salah satu ciri Kerajaan Sriwijaya yang pengaruhnya cukup luas sampai ke Srilanka,Thailand,danIndia.pada masa kerajaan Sriwijaya ,Candi Borobudur dibangun sebagai lambang kejayaan agama Budha.Pemerintah kerajaan Sriwijaya juga mambangun sekolah Tinggi Agama Budha diPalembang yang menjadi pusat studi Agama Budha se-Asia Tenggara pada masa itu.Bahkan beberapa siswa dari Tiongkok yang ingin memperdalam agama Budha lebih dahulu beberapa tahun membekali pengetahuan awal di Palembang sebelum melanjutkan keIndia.
     Menurut salah satu sumber, Islam mulai memasuki Indonesia sejak abad VII melalui para pedagang Arab yang telah lama berhubungan dagang dengan kePulauan Indonesia tidak lama setelah Islam berkembang di Jazirah Arab. Agama Islam tersiar secara hampir merata di keseluruhan Pulau Nusantara seiring dengan berdirinya kerajaan-kerajaanIslam seperti Perlak dan Samudra Pasai di Aceh. Kerajaan Demak, Panjang dan Mataram diJawa Tengah, Kerajaan Cirebon dan Banten di Jawa Tengah Kerajaan Goa
4
di Sulawesi Selatan, Kerajaan Tidore dan Ternate di Maluku kerajaan Banjar diKalimantan dan lain- lain.
     Secara filosot,sosial politik dan histeris agama bagi bangsa Indonesia sudah berurat dan berakar dalam kehidupan bangsa,itulah sebab para tokoh dan pemuka agama selalu tampil sebagai pelopor pergerakan dan perjuangan kemerdekaan baik melalui partai maupun sarana lain.Perjuangan gerakan kemerdekaan tersebut melalui jalan yang panjang sejak zaman Kolonial Belanda sampai kalahnya Jepang pada Perang Dunia ke II.Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.Pada masa kemerdekaan agama lebih menjadi kokoh dengan taat nya Pancasila sebagai idelogi dan filsafah Negara dan UUD 1945.
2.     STRUKTUR ORGANISASI
     Sebelum dijelaskan struktur organisasi dari kemenag,terlebih dahulu penulis akan menguraikan struktur organisasi yaitu :
a)     Organisasi garis (line organisation)
          Pada organisasi ini garis lurus kekuasaan tanggung jawab bercabang pada setiap tingkat yang teratas sampai kebawah.
b)    Organisasi fungsional (fungtional organisation)
      Pada organisasi semacam ini lalu lantas kekuasaan dan tanggung jawab tidak langsung.tiap-tiap atasan mempunyai sejumlah bawahan,dimana dibidang tugasnya sudah tegas dan jelas.masing-masing petugas dapat menerima perintah dari beberapa orang setingkat lebih tinggi kedudukannya.
c)     Organisasi dan staf (line and staff organisation)
          Jenis organisasi ini perpaduan dari kedua sistem organisasi tersebut diatas,pimpinan organisasi garis dan staff yang bertugas untuk memberi bantuan pemikiran ataupun bentuk lain demi kelancaran yugas pimpinan dalam mencapai tujuan organisasi.
d)    Organisasi staff dan fungsional (functional and staff organisation)
          Adalah bentuk organisasi staff dan fungsional yang merupakan
5
kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan staff.
          Dari keempat tipe organisasi dikemukakan diatas masing-masing tidak mutlak baik dan buruk,keempat tipe organisasi itu dapat digunakan menurut seperlunya masing-masing.
6
3.     FASILITAS
     A.Fasilitas Gedung Kantor
1)    Ruang Kepala Kantor
2)    Ruang Rapat
3)    Ruang Prbendaharaan
4)    Ruang Bendahara Umum
5)    Ruang Su Bagian Umum
6)    Ruang Umum
7)    Ruang Komputer Umum
8)    Loket
9)    Aula Serba Guna
    10) Ruang Darma Wanita
    11) Gudang
    12) Toilet
    13)Ruang Penjaga Kantor
    14) Kipas  Angin/ AC
A.    Fasilitas Transportasi
1)    Kendaraan Roda Dua
2)    Kendaraan Roda Empat
B.    Fasilitas Komunikasi
1)    Telepon
2)    Faximile
                                           
 
7
    4.KEGIATAN
1)    BAGIAN TATA USAHA KEPEGAWAIAN
v Menghimpun dan menyusun data dan menyerahkan kepada pimpinan sebagai bahan untuk membuat rencana atau program kerja.
v Menyusun petunjuk operasional untuk melaksanakan tugas urusan tata usaha dan pegawai.
v Membuat  uraian pekerjaan (job description)
v Menyempurnakan file dan menyusun kartu tik pegawai
v Mengajukan permintaan atau karis atau karsus penyusunan PNS
v Membuat dan menyusun daftar urut kepangkatan (DUK) Pegawai
v Menerapkan disiplin pegawai baik masuk dan keluar kantor sesuia dengan PP nomor 30 Tahun 1998 dan Kepres No.58 Tahun 1964.
2)    BAGIAN TATA USAHA KEUANGAN
v Menghitung gaji pegawai beserta uang makan
v Menghimpun dan menyusun data daftar usulan kegiatan
3)    BAGIAN TATA USAHA UMUM
v Memproses surat masuk dan keluar oleh bagian tata usaha kepegawaian.
v Mengumpulkan data perencanaan rutin dan pembangunan.
v Menetapkan skala dan prioritas dalam membahas dan menyusun DUK/DUP.
v Menata arsip dan inaftif kronologi sesuai dengan petunjuk yang berlaku.
v Melakukan pembinaan dan bimbingan kepada KUA Kecamatan dan Madrasah tentang kearsipan dan pembukuan inventaris barang milik/kekayaan Negara.
v Membukukan semua pembelian barang inventaris yang telah rusak berat.
v Mendistribusikan barang inventaris sesuai dengan kebutuhan.
v Membuat / menyajikan data serta mengirim laporan LMBP dan LTI.
v Menyampaikan surat masuk ke pimpinan.
v Melakukan stempel (tertentu).
8
4.     Seksi Urusan Agama Islam
v Menghimpun kelancaran pelaksanaan tugas pada seksi URAIS.
v Memberikan KUA Kecamatan dan masing – masing Kasubag.
v Melakukan Pengawasan kapada KUA Kecamatan dan Kasubsi serta meningkatkan prestasi kerja.
v Mempelajari surat masuk,mendeskripsikan serta mendatangi surat keluar yang sudah diketik.
v Melakukan Pengawasan kepada KUA Kecamatan 1 kali dalam 3 bulan.
v Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Kemenag Kota Solok.
ü Job Kerja Staf Urais
a.     Melakukan Tata Usaha pada seksi meliputi surat masuk dan keluar,mendistribusikan surat setelah didisposisikan oleh Kasi pemghimpun dari mengumpulkan data melalui KUA Kecamatan ,Memonitor peneriman dan pengeluaran formulir blangko NR.
b.     Memberikan bimbingan kepada KUA Kecamatan P3N tentang pelaksanaan UU No.7 Tahun 1980 dilakukan kepada PPN dan diberikan kepada P3N agar tidak terjadi penyimpangan,melakukan pengawasan terhadap penyimpangan,melakukan pengawasan terhadap penerimaan,pengeluaran dan bantuan NR.
c.      Memberikan pengertian tentang ibadah,himara dan ria kepada pengurus masjid,musshala dan langgar,mengusahakan supaya masing-masing masjid dan pustaka yang lengkap serta menginventariskan wakaf yang belum ada yang sudah dikeluarkan sertifikatnya.
d.     Masyarakat BP4 di tengah-tengah masyarakat untuk mencapai kesejahteraan keluarga serta menghindari terjadinya perselisihan ,memberikan tuntunan baca al-Qur’an pada pengantin ,bekerja sama dengan Dinas dan Instansi yang terkait dalam rangka mensukseskan KB,UPGK,P2WKSS dan posyandu.
9
5.     Seksi Bimbingan Masyarakat
v Memimpin dan merumuskan pelaksanaan tugas seksi bimas.
v Memberikan bimbingan dan pembinaan pada Kasubsi pelaksana seksi bimas dengan Job description.
v Melakukan pembinaan serta memolidasi kasubsi-kasubsi dalam peningkatan prestasi kerja.
v Melakukan koordinasi serta meningkatkan kerja sama dengan dinas/instansi terkait dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan seksi bimas.
v Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas sub-seksi dan bimas.
v Memberikan penilaian (DP3) terhadap seksi bimas.
ü Job Kerja Bimas
a.     Pengolahan tata usaha seksi bimas ,menata dan mengatur ruangan ,menjaga K3 dan menginventarisir peralatan seksi bimas,merencanakan dan mengatur rapat dinas bulanan ,semester dan tahunan.
b.     Motivasi dan memberikan bimbingan dan mengkoordinasi pelaksanaan ceramah agama pada dinas,Instansi pemerintah dan swaata,mengevaluasi ,memonitoring kegiatan penyuluhan agama kelapangan.
c.      Menginventarisir dan pembinaan qori dan Qori’ah dengan seluruh cadangan melalui pemutusan latihan (TC) dan pembinaan Qori dan Qori’ah melalui pondok Al-qur’an melalui MTQ tingkat keseluruhan,Kecamatan ditingkat Kota Solok,melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan hari besar islam,bekerja sama dengan PHB,mendorong berdirinya perpustakaan masjid dan memberikan bantuan buku perpustakaan yang sudah ada.
10
6.     Madrasah Pendidikan Dasar
v Memindahkan mengkoordinir pelaksanaan tugas seksi mapenda.
v Mengawasi dan meningkatkan prestasi kerja Kasubsi di seksi mapenda.
v Mengadakan pembinaan KKG Pembinaan GPAI dalam 1 kali sebulan yang ada dikoordinasikan oleh PPAI masing-masing wilayah dikecamatan.
v Penyebaran Guru Agama dan pemerataan pendidikan Agama Islam disekolah umum untuk dapat dilaksanakan tetapi belum dipenuhi .
v Memenuhi KKG Gabungan 1 kali dalam sebulan dari wilayah tingkat I,II,danIII.
v Meningkatkan metodelogi Agama Islam pada sekolah umum.
v Melaksanakan pola pendidikan Agama Islam pada semua tingkat.
v Mengidentifikasikan pemberdayagunaan tenaga terkait mapenda.
v Merekomendasikan bantuan rumah ibadah setiap tahun bagi sekolah umum.
v Mengadakan koordinasi dengan instansi terkait.
ü Job Kerja Staf Mapenda
a.     Menghimpun ,menyusun ,memelihara ,mengembangkan dan menyajikan data statistic mapenda melaksanakan kegiatan tata usaha mapenda meliputi :
·        Menerima surat masuk dan keluar serta pembukuan.
·        Mengarahkan surat sesuai dengan disposisi.
·        Membantu menggantikan dan menggandakan untuk seksi mapenda.
·        Menerima, mencatat dan mengeluarkan surat sub seksi,menyebarkan dan mengembangkan untuk kurikulum TK ,SD,serta koordinasi,mengusahakan,meneliti dan mendistribusikan sarana merata,sarana teknis,mapenda dan dari pusat yang telah dibutuhkan untuk TK,SD,SLTP,SLTA,merencanakan kebutuhan dan pelaksanaan kegiatan bimbingan sub –seksi bimbingan- bimbingan belajar.
11
·        Memberikan arahan serta bimbingan dalam melaksanakan pembentukan khusus sekolah Plus Al-Qur’an (KKG)
7.     Pendidikan Pontren
v Memimpin pelaksanaan tugas seksi mapenda.
v Mengawasi kegiatan kasubsi-kasubsi dilingkungan pengurus.
v Mempelajari surat masuk dan disposisi guna pengolahan selanjutnya.
v Menandatangani surat keluar yang telah selesai diketik oleh Kasubsi.
v Memonitori pelaksanaan penerimaan murid pada madrasah dan swasta.
v Memonitori pelaksanaan UN dan Uan bersama Tim terpadu DIKNAS.
v Mengadakan kerja sama dengan pengawas mapenda.
v Menyelenggarakan PP.D.III DPAI MTs/SLTP Kota Solok.
ü Job Kerja Pontren
§  Menghimpun data guna menyusun program kerja,melakukan pendataan Madrasah,menyusun dan mengusulkan kebutuhan seksi pengurais,menyiapkan bahan dan data untuk laporan tahunan.
§  Memberikan bimbingan Guru RA/BA,mendistribusikan buku bantuan dari Depag Pusat ,membukukan laporan dan merekapitulasi tiap bulan serta melaporkan.
§  Membukukan laporan-laporan dari Madrasah,melaksanakan tugas yang diberikan kasi pengurais.
8.     Penyelenggaraan Haji Dan Umrah
v Mengelola dan menyajikan program kerja dirumah .
v Merencanakan rapat dibidang urusan Haji dan Umrah di massyarakat.
v Memberikan petunjuk dan pedoman pada calon  haji dan massyarakat yang berhubungan dengan syarat dan tata cara pendataan calon haji.
12
v Bersama – sama dengan pemerintah daerah untuk menyusun dan menyiapkan program calon haji.
v Memberikan sama dan bertimbangan kepala Depag mengenai masalah urusan haji.
v Meningkatkan pembinaan calon haji.
v Membina dan mengawasi tugas staf.
v Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan langsung.
ü Job Kerja Staf Penyelenggara Haji Dan Umrah
§  Menerima , mencatat dan meneruskan surat keluar dan masuk.
§  Menghimpun , menyusun dan mengelola data – data di bidang haji.
§  Mengatur dan menyiapkan alat perlengkapan pembinaan penyelenggaraan haji.
§  Mengikuti perkembangan dan pelaksanaan serta penyusunan evaluasi rencana dan program kerja.
§  Menghimpun peraturan perundand – undangan yang berhubungan dengan urusan haji.
§  Menyampaikan buku pedoman menasik dan memberikan .
§  Membantu pengurusan pemberangkatan dan penyambutan jamaah haij.
§  Menyusun laporan.
9.     Penyelenggaraan Syariah
v Melaksanakan perumusan bahan bimbingan dan penyuluhan dibidang pemberdayaan zakat,berdasarkan kebijakan teknis yang ditetapkan.
v Melakukan pengolahan zakat yang dilakukan lembaga amil zakat.
v Mengumpulkan zakat,infak,sedekah,dan harta sesuai dengan yang ada .ini dilakukan oleh pengumpulan zakat badan amil zakat.
13
B.Kegiatan Selama Prakerin
                                           I.            Tata Usaha Bagian Kepegawaian
v Mengarsip absen pegawai.
v Mencatat surat keluar.
v Memberi nomor surat keluar.
v Menyusun SPD.
                                         II.            Tata Usaha Bagian Keuangan
v Mengisi dan memberi stempel kwitansi,dll
v Mengisi daftar penerimaan gaji.
v Mencatat penerimaan gaji pegawai kedalam kartu pegawai.
v Photo copy.
                                      III.            Tata Usaha Bagian Umum
v Memberi lembaran disposisi (LD)
v Mengantar surat tersebut pada ruangan yang dituju.
v Photo copy.
v Mengantar surat kepimpinan
v Membagikan undangan
v Menstempel serta melipat surat.
                                      IV.            Tata Usaha Mapenda
v Mengarsip surat.
v Mengetik.
v Mencatat surat masuk.
                                        V.            Tata Usaha Pontren
v Mengetik,
v Mengetik surat cuti.
14
                                      VI.            Tata Usaha Bimas
v Mengetik,
v Menyusun nama-nama secara berurutan
v Photo copy.
                                   VII.            Tata Usaha Urais
v Mengetik surat.
v Photo copy.
                                 VIII.            Tata Usaha Haji Dan Umrah
v Mencatat calon jamaah haji yang akan mengikuti dan mendaftar untuk pergi haji.
v Photo copy.
v Memasang dan menstempel foto calon jamaah haji pada buku DAPIH.
v Mengetik surat.
                                      IX.            Tata Usaha Syariah
v Photo copy.
v Mengetik
C.Permasalahan Yang Ditemukan
     Selama dalam melaksanakan PRAKERIN penulis mengalami banyak permasalahan dalam pekerjaan.namun permasalahan itu dapat diatasi dengan cara menanyakan kepada atasan (Karyawan Pembimbing).permasalahan yang terjadi selama kegiatan PRAKERIN pada kantor Departemen Agama Kota Solok adalah sebagai berikut :
v Kecanggungan dalam melaksanakan suatu tugas ataupun pekerjaan karena masih banyak yang belum dimengerti.
15
C.     Pemecahan Masalah
     Selama dalam pelaksanaan Prakerin Penulis mengalami banyak permasalahan ,itu dapat diatasi dengan cara menanyakan kepada atasan (Karyawan Pembimbing).
16
BAB III
PENUTUP
A.     KESIMPULAN
Setelah melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN) yang di laksanakan dari tanggal 24 Juni s/d 14 September sehingga penulis dapat menyimpulkan:
Praktek kerja industri (PRAKERIN) merupakan salah satu sarana bagi siswa sekolah menengah kejuruan untuk lebih memperdalam dan menambah ilmu yang belum didapat di sekolah.
1.      Dalam penulisan laporan sangat berpengaruh kepada siswa karena dapat menegmbangkan imajinasi siswa.
2.      Dalam penulisan laporan ini siswa berusaha mencari informasi atau data maka secara sengaja atau tidaknya menemukan hal yang baru.
3.      Praktek kerja industri secara otomatis membimbing dan menanggapi tentang perkembangan suatu perusahaan.
4.      Komunikasi yang di gunakan di kantor KEMENAG adalah komunikasi yang formal.
5.      Dan sarana komunikasi yang digunakan umumnya dari alat-alat elektronik.
6.      Dengan di adakan prakerin siswa siswi memperleh pengalaman yang sangat istimewa yang menjadi bekal bagi siswa siswi yang bersangkutan dalam memasuki dunia kerja nantinya, apalagi pada tahun 2014 nanti kita akan memasuki dunia AFTA atau perdagangan bebas yang menganut adanya manusia-manusia berkualitas yang mampu bersaing dalam nasional maupun internasional.
17
B.      SARAN
1.      Diharapkan kepada siswa yang akan melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN) yang akan datang agar mempersiapkan diri dimana pengetahuan itu sangat penting dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
2.      Hendaknya dalam melaksanakan prakerin harus ada bimbingan yang nyata dari guru pembimbing prakerin atau memonitoring paling kuran satu kali dalam sebulan.
3.      Hendaknya dalam proses PBM perlu di perbanyak praktek ke instansi yang terkait untuk melatih siswa sebelum di terjunkan ke lapangan.
4.      Hubungan antara perusahaan dengan seklah agar lebih di tingkatkan terutama di hubungan kerja samanya demi kelancaran pelaksanaan prakerin.
5.      Di harapkan kepada siswa siswi yang akan melaksanakan prakerin harus di tingkatkan kedisiplinan, kejujuran.
6.      Kepada karyawan/wati di kantor KEMENAG dapat menjadikan perusahaan KEMENAG sebagai mitra bisnis yang baik dalam mendaya gunakan sumber daya manusia khususnya dalam bidang keagamaan.
7.      Dalam melaksanakan prakerin siswa di harapkan lebih aktif dan kreatif dalam mencari ilmu di tempat pelaksanaan prakerin, sehingga pengalaman industri dapat di terapkan pada kehidupan di luar sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive