LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SOLOK
NAMA :WIVI MONICA
KELAS :XI
AP 1
JURUSAN :ADM PERKANTORAN
SMKN 1 KOTA SOLOK
TAHUN AJARAN
2013/2014
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PRAKERIN
INI
DISETUJUI OLEH :
Guru Pembimbing Instruktur
DU/DI
Dianna Wardi M.Pd H.AMRIL
S.Ag MM
NIP.198102242006042005 NIP.197304241998031008
DISAHKAN OLEH :
Pimpinan DU/DI Ketua
Program Keahlian
Drs.H.M.NASIR Dra.HARMAYURITA
NIP.195811031992031001 NIP.196605051997022002
i
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis ucapkan kepada
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Yang mana kegiatan prakerin dilaksanakan
pada tanggal 24 Juni 2013 s/d 14 September 2013.
Penulis selalu berusaha demi
kesempurnaaan laporan ini, tetapi tentu masih ada kekurangan baik susunan
maupun tata bahasanya. Untuk itu penulis sangat berterima kasih atas saran dan
kritik dari pembaca semua yang sangat berguna bagi penulis.
Yang pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terimakasih kepada :
•
Bapak
Zuhilmi S.pd MM selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Solok
•
Bapak
Idasril selaku ketua prakerin
•
Ibu
Harmayurita selaku ketua program keahlian adm.perkantoran
•
Diana Wardi
selaku guru pembimbing penulis
•
Bapak
Drs.H.M.Nasir selaku pimpinan KAN KEMENAG Kota Solok
•
Bapak
H.AMRIL S.Ag MM selaku instruktur
•
Karyawan
dan karyawati KAN KEMENAG Kota Solok
•
Kedua orang
tua beserta kakak dan teman yang selalu mendukung dan mendo’akan agar kegiatan
prakerin ini dapat berjalan dengan lancar.
Mudah-mudahan laporan singkat ini dapat
memberikan manfaaat terutama buat penulis.
Solok, 14 September 2013
WIVI MONICA
ii
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN ................................................................................i
KATA PENGANTAR...........................................................................................ii
DAFTAR ISI......................................................................................................iii
BAB I
PENDAHULUAN
·
Latar
Belakang.......................................................................................... 1
·
Ruang
Lingkup........................................................................................... 1
·
Tujuan Dan
Manfaat................................................................................. 2
·
Sumber Data............................................................................................. 2
·
Tempat Dan
Waktu Pelaksanaan.............................................................. 2-3
BAB
II PEMBAHASAN
·
Deskripsi
Tentang
Du/Di...............................................................................4
·
Sejarah
Pendirian..........................................................................................4
·
Struktur
Organisasi....................................................................................5-6
·
Fasilitas..........................................................................................................7
·
Kegiatan...................................................................................................8-14
·
Kegiatan
Selama Prakerin Permasalahan Yang Ditemukan........................15
·
Pemecahan
Masalah...................................................................................16
BAB III PENUTUP
•
Kesimpulan..................................................................................................17
•
Saran............................................................................................................18
iii
BAB I
PENDAHULUAN
•
LATAR BELAKANG
Sesuai dengan tujuan SMK
diantaranya menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan bersifat
profesional.
Keahlian profesional pada
dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan
dan teknik dapat dipelajari, tetapi unsur ‘’kiat” adalah sesuatu yang tidak
dapat diajarkan, tetapi dapat dikuasai. Untuk menguasai yaitu melalui cara
mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesional itu sendiri sehingga
akan tumbuh suatu keahlian berdasakan pengalaman kerja. SMK selalu ketinggalan
dengan perkembangan teknologi yang ada dalam dunia industri. SMK mustahil dapat
mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat. Untuk mengatasi ketinggalan
SMK maka perlu kerja sama dengan dunia usaha/industri ataupun instansi
pemerintah.
Tujuan yang diharapkan dengan
diadakan Praktek Kerja Industri ini adalah :
1.
Tujuan Umum
Praktek (Praktek Kerja Industri)
•
Agar
Tamatan Sekolah menjadi Tamatan tenaga kerja siap pakai
•
Memperkokoh
hubungan antara sekolah dengan dinas Usaha/kerja
•
Meningkatkan
efesien pendidikan dan pelatihan tenaga kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan
•
RUANG LINGKUP
Dalam laporan ini akan
dipaparkan hal-hal mengenai latar belakang, maksud dan tujuan pembuatan laporan
serta deskripsi tempat dilaksanakanya kegiatan PRAKERIN dan juga mencangkup
didalamnya kegiatan-kegitan pelaksanaan PRAKERIN, permasalahan yang ditemukan
serta pemecahanya :
•
Menghasilkan
tenaga kerja yang memenuhi keahlian profesional (dengan tingkat pengetahuan,
keterampilan dan atas dasar kerja yang sesuai tuntutan lapangan kerja).
1
•
Memperkokoh
“ling and match” antara sekolah dengan dunia kerja.
•
Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
•
Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dan proses
pendidikan (recognition of prior learning) tertentu sesuai dengan peraturan
yang berlaku di dunia usaha tersebut.
•
Pelaksanaan
kegiatan pemberian persiapan mental dan etika ini yang bersifat umum diberikan
oleh pokja secara bersama keseluruh siswa yang akan PRAKERIN secara khusus
yaitu sesuai dengan tempat PRAKERIN diberikan secara kelompok oleh guru
pembimbing.
D.SUMBER
DATA
Data yang menunjang pembuatan laporan ini
diperoleh dari buku,profil instansi (tempat dilaksanakan PRAKERIN).Dan melalui
pengamatan yang dilakukan dan pengalaman yang diperoleh selama pelaksanaan
prakerin.
E.TEMPAT
DAN WAKTU PELAKSANAA
Tempat
pelaksanaan :
Tempat
penulis melakukan prakerin yaitu : KAN KEMENAG KOTA SOLOK meliputi :
1.
Kasubbag TU
ü Bagian Umum
ü Bagian
Keuangan
ü Bagian
kepegawaian
2.
Kasi mapenda
3.
Kasi peka pontren
4.
Kasi bimas
5.
Kasi urais
6.
Kasi haji dan umrah
7. Kasi
Peny.syariah
2
Waktu melakukan
prakerin ini adalah sesuai dengan jadwal dari sekolah yaitu 24 Juni 2013 s/d 14
September 2013 sedangkan jam masuk dan jam keluar adalah sesuai dengan Jadwal
pada kantor Kementrian Agama Kota Solok yaitu sebagai berikut :
HARI
|
MASUK
|
JAM
|
KET
|
|
ISTIRAHAT
|
KELUAR
|
|||
SENIN
|
07. 30
|
12. 00-13. 00
|
16.00
|
|
SELASA
|
07. 30
|
12. 00-13. 00
|
16.00
|
|
RABU
|
07. 30
|
12. 00-13. 00
|
16.00
|
|
KAMIS
|
07. 30
|
12. 00-13. 00
|
16.00
|
|
JUMAT
|
07. 30
|
11. 30-13 .30
|
16.30
|
|
SABTU
|
LIBUR
|
3
BAB II
PEMBAHASAN
A.
DESKRIPSI TENTANG DU/DI
1. SEJARAH
PENDIRIAN
Dalam pelaksanaan pembangunan nasional semangat
keagamaan menjadi lebih kuat dengan ketetapan atas asas keimanan dan ketakwaan
terhadap Tuhan Yang Maha Essa sebagai salah satu asas pembangunan. Hal ini
berarti bahwa segala usaha dan kegiatan pembangunan Nasional dijiwai,
digerakkan dan dikendalikan oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa sebagai nilai luhur yang menjadi landasan spiritual, moral dan etik
pembangunan.
Secara historis benang merah nafas
keagamaan tersebut dapat ditelusuri sejak abad V Masehi, dengan berdirinya
Kerajaan Kutai yang bercorak Hindu diKalimantan melekat pada kerajaan-kerajaan
di Pulau Jawa antara lain Kerajaan Tarumanegara diJawa Barat,dan Kerajaan
Punawarman diJawa Tengah.Pada Abad VIII corak agama Budha menjadi salah satu
ciri Kerajaan Sriwijaya yang pengaruhnya cukup luas sampai ke
Srilanka,Thailand,danIndia.pada masa kerajaan Sriwijaya ,Candi Borobudur
dibangun sebagai lambang kejayaan agama Budha.Pemerintah kerajaan Sriwijaya
juga mambangun sekolah Tinggi Agama Budha diPalembang yang menjadi pusat studi
Agama Budha se-Asia Tenggara pada masa itu.Bahkan beberapa siswa dari Tiongkok
yang ingin memperdalam agama Budha lebih dahulu beberapa tahun membekali
pengetahuan awal di Palembang sebelum melanjutkan keIndia.
Menurut salah satu sumber, Islam mulai memasuki
Indonesia sejak abad VII melalui para pedagang Arab yang telah lama berhubungan
dagang dengan kePulauan Indonesia tidak lama setelah Islam berkembang di
Jazirah Arab. Agama Islam tersiar secara hampir merata di keseluruhan Pulau Nusantara
seiring dengan berdirinya kerajaan-kerajaanIslam seperti Perlak dan Samudra
Pasai di Aceh. Kerajaan Demak, Panjang dan Mataram diJawa Tengah, Kerajaan
Cirebon dan Banten di Jawa Tengah Kerajaan Goa
4
di Sulawesi
Selatan, Kerajaan Tidore dan Ternate di Maluku kerajaan Banjar diKalimantan dan
lain- lain.
Secara filosot,sosial politik dan histeris
agama bagi bangsa Indonesia sudah berurat dan berakar dalam kehidupan
bangsa,itulah sebab para tokoh dan pemuka agama selalu tampil sebagai pelopor
pergerakan dan perjuangan kemerdekaan baik melalui partai maupun sarana lain.Perjuangan
gerakan kemerdekaan tersebut melalui jalan yang panjang sejak zaman Kolonial
Belanda sampai kalahnya Jepang pada Perang Dunia ke II.Kemerdekaan Indonesia
diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.Pada masa kemerdekaan agama lebih
menjadi kokoh dengan taat nya Pancasila sebagai idelogi dan filsafah Negara dan
UUD 1945.
2. STRUKTUR ORGANISASI
Sebelum dijelaskan struktur organisasi
dari kemenag,terlebih dahulu penulis akan menguraikan struktur organisasi yaitu
:
a)
Organisasi garis (line organisation)
Pada organisasi ini garis lurus
kekuasaan tanggung jawab bercabang pada setiap tingkat yang teratas sampai
kebawah.
b)
Organisasi fungsional (fungtional
organisation)
Pada organisasi semacam ini lalu lantas
kekuasaan dan tanggung jawab tidak langsung.tiap-tiap atasan mempunyai sejumlah
bawahan,dimana dibidang tugasnya sudah tegas dan jelas.masing-masing petugas
dapat menerima perintah dari beberapa orang setingkat lebih tinggi
kedudukannya.
c)
Organisasi dan staf (line and staff
organisation)
Jenis organisasi ini perpaduan dari
kedua sistem organisasi tersebut diatas,pimpinan organisasi garis dan staff
yang bertugas untuk memberi bantuan pemikiran ataupun bentuk lain demi
kelancaran yugas pimpinan dalam mencapai tujuan organisasi.
d)
Organisasi staff dan fungsional
(functional and staff organisation)
Adalah bentuk organisasi staff dan
fungsional yang merupakan
5
kombinasi dari
bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan staff.
Dari keempat tipe organisasi
dikemukakan diatas masing-masing tidak mutlak baik dan buruk,keempat tipe
organisasi itu dapat digunakan menurut seperlunya masing-masing.
6
3. FASILITAS
A.Fasilitas Gedung Kantor
1)
Ruang Kepala Kantor
2)
Ruang Rapat
3)
Ruang Prbendaharaan
4)
Ruang Bendahara Umum
5)
Ruang Su Bagian Umum
6)
Ruang Umum
7)
Ruang Komputer Umum
8)
Loket
9) Aula Serba
Guna
10) Ruang Darma Wanita
11) Gudang
12) Toilet
13)Ruang Penjaga Kantor
14) Kipas
Angin/ AC
A.
Fasilitas
Transportasi
1)
Kendaraan Roda Dua
2)
Kendaraan Roda Empat
B. Fasilitas Komunikasi
1)
Telepon
2)
Faximile
7
4.KEGIATAN
1) BAGIAN TATA USAHA KEPEGAWAIAN
v Menghimpun
dan menyusun data dan menyerahkan kepada pimpinan sebagai bahan untuk membuat
rencana atau program kerja.
v Menyusun
petunjuk operasional untuk melaksanakan tugas urusan tata usaha dan pegawai.
v Membuat uraian pekerjaan (job description)
v Menyempurnakan
file dan menyusun kartu tik pegawai
v Mengajukan
permintaan atau karis atau karsus penyusunan PNS
v Membuat dan
menyusun daftar urut kepangkatan (DUK) Pegawai
v Menerapkan
disiplin pegawai baik masuk dan keluar kantor sesuia dengan PP nomor 30 Tahun
1998 dan Kepres No.58 Tahun 1964.
2) BAGIAN TATA USAHA KEUANGAN
v Menghitung
gaji pegawai beserta uang makan
v Menghimpun
dan menyusun data daftar usulan kegiatan
3) BAGIAN TATA USAHA UMUM
v Memproses
surat masuk dan keluar oleh bagian tata usaha kepegawaian.
v Mengumpulkan
data perencanaan rutin dan pembangunan.
v Menetapkan
skala dan prioritas dalam membahas dan menyusun DUK/DUP.
v Menata
arsip dan inaftif kronologi sesuai dengan petunjuk yang berlaku.
v Melakukan
pembinaan dan bimbingan kepada KUA Kecamatan dan Madrasah tentang kearsipan dan
pembukuan inventaris barang milik/kekayaan Negara.
v Membukukan
semua pembelian barang inventaris yang telah rusak berat.
v Mendistribusikan
barang inventaris sesuai dengan kebutuhan.
v Membuat /
menyajikan data serta mengirim laporan LMBP dan LTI.
v Menyampaikan
surat masuk ke pimpinan.
v Melakukan
stempel (tertentu).
8
4. Seksi Urusan Agama Islam
v Menghimpun
kelancaran pelaksanaan tugas pada seksi URAIS.
v Memberikan
KUA Kecamatan dan masing – masing Kasubag.
v Melakukan
Pengawasan kapada KUA Kecamatan dan Kasubsi serta meningkatkan prestasi kerja.
v Mempelajari
surat masuk,mendeskripsikan serta mendatangi surat keluar yang sudah diketik.
v Melakukan
Pengawasan kepada KUA Kecamatan 1 kali dalam 3 bulan.
v Menyampaikan
saran dan pertimbangan kepada Kepala Kemenag Kota Solok.
ü Job Kerja Staf Urais
a.
Melakukan Tata Usaha pada seksi meliputi
surat masuk dan keluar,mendistribusikan surat setelah didisposisikan oleh Kasi
pemghimpun dari mengumpulkan data melalui KUA Kecamatan ,Memonitor peneriman
dan pengeluaran formulir blangko NR.
b.
Memberikan bimbingan kepada KUA Kecamatan
P3N tentang pelaksanaan UU No.7 Tahun 1980 dilakukan kepada PPN dan diberikan
kepada P3N agar tidak terjadi penyimpangan,melakukan pengawasan terhadap
penyimpangan,melakukan pengawasan terhadap penerimaan,pengeluaran dan bantuan
NR.
c.
Memberikan pengertian tentang
ibadah,himara dan ria kepada pengurus masjid,musshala dan langgar,mengusahakan
supaya masing-masing masjid dan pustaka yang lengkap serta menginventariskan
wakaf yang belum ada yang sudah dikeluarkan sertifikatnya.
d.
Masyarakat BP4 di tengah-tengah
masyarakat untuk mencapai kesejahteraan keluarga serta menghindari terjadinya
perselisihan ,memberikan tuntunan baca al-Qur’an pada pengantin ,bekerja sama
dengan Dinas dan Instansi yang terkait dalam rangka mensukseskan KB,UPGK,P2WKSS
dan posyandu.
9
5. Seksi Bimbingan Masyarakat
v Memimpin
dan merumuskan pelaksanaan tugas seksi bimas.
v Memberikan
bimbingan dan pembinaan pada Kasubsi pelaksana seksi bimas dengan Job
description.
v Melakukan
pembinaan serta memolidasi kasubsi-kasubsi dalam peningkatan prestasi kerja.
v Melakukan
koordinasi serta meningkatkan kerja sama dengan dinas/instansi terkait dalam
pelaksanaan tugas dan kegiatan seksi bimas.
v Melakukan
pengawasan terhadap pelaksanaan tugas sub-seksi dan bimas.
v Memberikan
penilaian (DP3) terhadap seksi bimas.
ü Job Kerja Bimas
a.
Pengolahan tata usaha seksi bimas ,menata
dan mengatur ruangan ,menjaga K3 dan menginventarisir peralatan seksi
bimas,merencanakan dan mengatur rapat dinas bulanan ,semester dan tahunan.
b.
Motivasi dan memberikan bimbingan dan
mengkoordinasi pelaksanaan ceramah agama pada dinas,Instansi pemerintah dan
swaata,mengevaluasi ,memonitoring kegiatan penyuluhan agama kelapangan.
c. Menginventarisir
dan pembinaan qori dan Qori’ah dengan seluruh cadangan melalui pemutusan
latihan (TC) dan pembinaan Qori dan Qori’ah melalui pondok Al-qur’an melalui
MTQ tingkat keseluruhan,Kecamatan ditingkat Kota Solok,melaksanakan kegiatan
yang berhubungan dengan hari besar islam,bekerja sama dengan PHB,mendorong
berdirinya perpustakaan masjid dan memberikan bantuan buku perpustakaan yang
sudah ada.
10
6. Madrasah Pendidikan Dasar
v Memindahkan
mengkoordinir pelaksanaan tugas seksi mapenda.
v Mengawasi
dan meningkatkan prestasi kerja Kasubsi di seksi mapenda.
v Mengadakan
pembinaan KKG Pembinaan GPAI dalam 1 kali sebulan yang ada dikoordinasikan oleh
PPAI masing-masing wilayah dikecamatan.
v Penyebaran
Guru Agama dan pemerataan pendidikan Agama Islam disekolah umum untuk dapat
dilaksanakan tetapi belum dipenuhi .
v Memenuhi
KKG Gabungan 1 kali dalam sebulan dari wilayah tingkat I,II,danIII.
v Meningkatkan
metodelogi Agama Islam pada sekolah umum.
v Melaksanakan
pola pendidikan Agama Islam pada semua tingkat.
v Mengidentifikasikan
pemberdayagunaan tenaga terkait mapenda.
v Merekomendasikan
bantuan rumah ibadah setiap tahun bagi sekolah umum.
v Mengadakan
koordinasi dengan instansi terkait.
ü Job Kerja Staf Mapenda
a.
Menghimpun ,menyusun ,memelihara
,mengembangkan dan menyajikan data statistic mapenda melaksanakan kegiatan tata
usaha mapenda meliputi :
·
Menerima surat masuk dan keluar serta
pembukuan.
·
Mengarahkan surat sesuai dengan
disposisi.
·
Membantu menggantikan dan menggandakan
untuk seksi mapenda.
·
Menerima, mencatat dan mengeluarkan surat
sub seksi,menyebarkan dan mengembangkan untuk kurikulum TK ,SD,serta
koordinasi,mengusahakan,meneliti dan mendistribusikan sarana merata,sarana
teknis,mapenda dan dari pusat yang telah dibutuhkan untuk TK,SD,SLTP,SLTA,merencanakan
kebutuhan dan pelaksanaan kegiatan bimbingan sub –seksi bimbingan- bimbingan
belajar.
11
·
Memberikan arahan serta bimbingan dalam
melaksanakan pembentukan khusus sekolah Plus Al-Qur’an (KKG)
7. Pendidikan Pontren
v Memimpin
pelaksanaan tugas seksi mapenda.
v Mengawasi
kegiatan kasubsi-kasubsi dilingkungan pengurus.
v Mempelajari
surat masuk dan disposisi guna pengolahan selanjutnya.
v Menandatangani
surat keluar yang telah selesai diketik oleh Kasubsi.
v Memonitori
pelaksanaan penerimaan murid pada madrasah dan swasta.
v Memonitori
pelaksanaan UN dan Uan bersama Tim terpadu DIKNAS.
v Mengadakan
kerja sama dengan pengawas mapenda.
v Menyelenggarakan
PP.D.III DPAI MTs/SLTP Kota Solok.
ü Job Kerja Pontren
§
Menghimpun data guna menyusun program
kerja,melakukan pendataan Madrasah,menyusun dan mengusulkan kebutuhan seksi pengurais,menyiapkan
bahan dan data untuk laporan tahunan.
§
Memberikan bimbingan Guru
RA/BA,mendistribusikan buku bantuan dari Depag Pusat ,membukukan laporan dan
merekapitulasi tiap bulan serta melaporkan.
§
Membukukan laporan-laporan dari
Madrasah,melaksanakan tugas yang diberikan kasi pengurais.
8. Penyelenggaraan Haji Dan Umrah
v
Mengelola dan menyajikan program kerja dirumah
.
v
Merencanakan rapat dibidang urusan Haji
dan Umrah di massyarakat.
v
Memberikan petunjuk dan pedoman pada
calon haji dan massyarakat yang
berhubungan dengan syarat dan tata cara pendataan calon haji.
12
v
Bersama – sama dengan pemerintah daerah
untuk menyusun dan menyiapkan program calon haji.
v
Memberikan sama dan bertimbangan kepala
Depag mengenai masalah urusan haji.
v
Meningkatkan pembinaan calon haji.
v
Membina dan mengawasi tugas staf.
v
Melaksanakan tugas lain yang diberikan
atasan langsung.
ü Job Kerja Staf Penyelenggara Haji Dan
Umrah
§
Menerima , mencatat dan meneruskan surat
keluar dan masuk.
§
Menghimpun , menyusun dan mengelola data
– data di bidang haji.
§
Mengatur dan menyiapkan alat perlengkapan
pembinaan penyelenggaraan haji.
§
Mengikuti perkembangan dan pelaksanaan
serta penyusunan evaluasi rencana dan program kerja.
§
Menghimpun peraturan perundand – undangan
yang berhubungan dengan urusan haji.
§
Menyampaikan buku pedoman menasik dan
memberikan .
§
Membantu pengurusan pemberangkatan dan
penyambutan jamaah haij.
§
Menyusun laporan.
9. Penyelenggaraan Syariah
v Melaksanakan
perumusan bahan bimbingan dan penyuluhan dibidang pemberdayaan
zakat,berdasarkan kebijakan teknis yang ditetapkan.
v Melakukan
pengolahan zakat yang dilakukan lembaga amil zakat.
v Mengumpulkan
zakat,infak,sedekah,dan harta sesuai dengan yang ada .ini dilakukan oleh
pengumpulan zakat badan amil zakat.
13
B.Kegiatan
Selama Prakerin
I.
Tata Usaha
Bagian Kepegawaian
v Mengarsip
absen pegawai.
v Mencatat
surat keluar.
v Memberi
nomor surat keluar.
v Menyusun
SPD.
II.
Tata Usaha
Bagian Keuangan
v Mengisi dan
memberi stempel kwitansi,dll
v Mengisi
daftar penerimaan gaji.
v Mencatat
penerimaan gaji pegawai kedalam kartu pegawai.
v Photo copy.
III.
Tata Usaha
Bagian Umum
v Memberi
lembaran disposisi (LD)
v Mengantar
surat tersebut pada ruangan yang dituju.
v Photo copy.
v Mengantar
surat kepimpinan
v Membagikan
undangan
v Menstempel
serta melipat surat.
IV.
Tata Usaha
Mapenda
v Mengarsip
surat.
v Mengetik.
v Mencatat
surat masuk.
V.
Tata Usaha
Pontren
v Mengetik,
v Mengetik
surat cuti.
14
VI.
Tata Usaha
Bimas
v Mengetik,
v Menyusun
nama-nama secara berurutan
v Photo copy.
VII.
Tata Usaha
Urais
v Mengetik
surat.
v Photo copy.
VIII.
Tata Usaha
Haji Dan Umrah
v Mencatat
calon jamaah haji yang akan mengikuti dan mendaftar untuk pergi haji.
v Photo copy.
v Memasang
dan menstempel foto calon jamaah haji pada buku DAPIH.
v Mengetik
surat.
IX.
Tata Usaha
Syariah
v Photo copy.
v Mengetik
C.Permasalahan Yang Ditemukan
Selama dalam melaksanakan PRAKERIN penulis
mengalami banyak permasalahan dalam pekerjaan.namun permasalahan itu dapat
diatasi dengan cara menanyakan kepada atasan (Karyawan Pembimbing).permasalahan
yang terjadi selama kegiatan PRAKERIN pada kantor Departemen Agama Kota Solok
adalah sebagai berikut :
v Kecanggungan
dalam melaksanakan suatu tugas ataupun pekerjaan karena masih banyak yang belum
dimengerti.
15
C. Pemecahan Masalah
Selama dalam pelaksanaan Prakerin Penulis
mengalami banyak permasalahan ,itu dapat diatasi dengan cara menanyakan kepada
atasan (Karyawan Pembimbing).
16
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Setelah melaksanakan praktek kerja industri
(PRAKERIN) yang di laksanakan dari tanggal 24 Juni s/d 14 September sehingga
penulis dapat menyimpulkan:
Praktek kerja industri (PRAKERIN) merupakan salah
satu sarana bagi siswa sekolah menengah kejuruan untuk lebih memperdalam dan
menambah ilmu yang belum didapat di sekolah.
1.
Dalam
penulisan laporan sangat berpengaruh kepada siswa karena dapat menegmbangkan
imajinasi siswa.
2.
Dalam
penulisan laporan ini siswa berusaha mencari informasi atau data maka secara
sengaja atau tidaknya menemukan hal yang baru.
3.
Praktek
kerja industri secara otomatis membimbing dan menanggapi tentang perkembangan
suatu perusahaan.
4.
Komunikasi
yang di gunakan di kantor KEMENAG adalah komunikasi yang formal.
5.
Dan sarana
komunikasi yang digunakan umumnya dari alat-alat elektronik.
6.
Dengan di
adakan prakerin siswa siswi memperleh pengalaman yang sangat istimewa yang
menjadi bekal bagi siswa siswi yang bersangkutan dalam memasuki dunia kerja
nantinya, apalagi pada tahun 2014 nanti kita akan memasuki dunia AFTA atau
perdagangan bebas yang menganut adanya manusia-manusia berkualitas yang mampu
bersaing dalam nasional maupun internasional.
17
B.
SARAN
1. Diharapkan kepada siswa yang akan melaksanakan
praktek kerja industri (PRAKERIN) yang akan datang agar mempersiapkan diri
dimana pengetahuan itu sangat penting dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
2. Hendaknya dalam melaksanakan prakerin harus ada
bimbingan yang nyata dari guru pembimbing prakerin atau memonitoring paling
kuran satu kali dalam sebulan.
3. Hendaknya dalam proses PBM perlu di perbanyak
praktek ke instansi yang terkait untuk melatih siswa sebelum di terjunkan ke
lapangan.
4. Hubungan antara perusahaan dengan seklah agar
lebih di tingkatkan terutama di hubungan kerja samanya demi kelancaran
pelaksanaan prakerin.
5. Di harapkan kepada siswa siswi yang akan
melaksanakan prakerin harus di tingkatkan kedisiplinan, kejujuran.
6. Kepada karyawan/wati di kantor KEMENAG dapat
menjadikan perusahaan KEMENAG sebagai mitra bisnis yang baik dalam mendaya
gunakan sumber daya manusia khususnya dalam bidang keagamaan.
7. Dalam melaksanakan prakerin siswa di harapkan
lebih aktif dan kreatif dalam mencari ilmu di tempat pelaksanaan prakerin,
sehingga pengalaman industri dapat di terapkan pada kehidupan di luar sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar