…………..……………………..(di isi tempat/instansi)
tgl………..bulan………….s/d………bulan………….
laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN
disusun oleh:
nama siswa : Karmila Puspa Sari Dewi
nomor induk :
kelas/ siswa : II Akuntansi
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1
Jl. Maulana Hasanudin No. 63 Cipondoh, Tangerang
Telp. 021-5544484
i
LAPORAN KEGIATAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
……………………………………(Di isi tempat PSG)
Tgl………Bulan……………s/d………Bulan……..…
Laporan
Yang dipersiapkan dan disusun oleh
Nama siswa : Karmila PSD
No. induk :
Kelas/program study: II Akuntansi
Telah disahkan dan disetujui :
Pada tanggal…………………………….
RETNO HARJANTI LELY SP
Pembimbing sekolah Instansi
Mengetahui
HJ. NURYATI, S.Pd IWAN SETIADI, SE
Kepala SMK Muhammadiyah 01 Ketua program akuntansi
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucap syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah swt yang telah
memberikan rahmat dan karunianya kepada saya, sehingga saya dapat
menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja industri
(PRAKERIN).
Penyusunan laporan praktek kerja industri ini adalah
salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian
Akhir Nasional (UAN) tahun diklat 2007/2008 dan laporan ini juga sebagai
bukti bahwa saya (penulis) telah melaksanakan dan menyelasaikan praktek
kerja industri di PT. COLUMBINDO PERDANA .
laporan ini dapat terbuat
dan di selesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi
maupun teknis, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih
kepada :
1. Ibu Retno Harjanti, selaku pembimbing dari sekolah
2. Ibu Lely SP, selaku pembimbing dari instansi atau industri
3. Ibu Dra.HJ.Nuryati, S. Pd. selaku kepala SMK Muhammdiyah 1
4. Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini sehingga selesai dengan baik.
iii
DAFTAR ISIiv
HALAMAN JUDUL………………………………………………...i
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………….……ii
KATA PENGANTAR…………………….…………………………iii
DAFTAR ISI………………………………………………………...
BAB I : Pendahuluan
Latar Belakang…………………….………..1
Dasar Penulisan ………………….…….…...2
Maksud dan Tujuan ……………….…...…...3
BAB II : Gambaran Umum Perusahaan/ Instansi
Tinjauan perusahaan……….............……….4
Sejarah Perusahaan …………...…....………5
Misi dan Visi Perusahaan……….….......…..9
Struktur Organisasi ..…………………........10
7. BAB III : Laporan Kegiatan
Pelaksanaan Kegiatan……………….......…11
Hasil Kegiatan……………….................….12
8. BAB IV : Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan dan Saran.........…….........…..13
9. BAB V : Penutup
iv
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Penulisan
C. Maksud dan Tujuan
Maksud
dan tujuan laporan ini dibuat agar saya (penulis) dapat mengikuti Ujian
Akhir Semester (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) yang insya Allah
dengan baik tanpa kurang satu syarat pun dalam pelaksanaan tersebut, dan
sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan
Pratek Kerja Industri (PRAKERIN) tanpa membuat kesalahan besar.
3
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/ INSTANSI
A. TINJAUAN PERUSAHAAN
Columbia
secara resmi berdiri pada tanggal 28 februari 1982 didirikan oleh
sebuah keluarga yang sudah menekuni dunia bisnis sejak satu abad yang
lalu, dan sudah memiliki pengalaman panjang dalam bisnis elektronik.
Sejak tahun 1950 keluarga ini telah menjadi importer produk Philips
dengan nama “Rasie Elektronik” di medan dan “Palapa Elektronik” di
Jakarta sebagai distributor untuk seluruh Indonesia. Sejak produk Jepang
memasuki pasar Indonesia pada tahun 70-an keluarga pediri ini segera
meraih peluang untuk menjadi penyalur produk-produk Jepang yang
terkemuka seperti Sanyo, Hitachi, Toshiba, National, Mitsubishi dan
Pioneer. Para pendiri melihat bahwa di masa depan permintaan masyarakat
akan barang-barang elektronik akan terus meningkat, tetapi di sisi lain
daya beli masyarakat masih rendah. Dengan kenyataan ini justru di lihat
sebagai potensi pasar terbesar yang harus segera di garap dan di olah.
Beranjak dari latar belakang pemikiran inilah akhirnya Palapa Electronic
merubah strategi pemasarannya dengan melancarkan penjualan dengan
system CASH & CREDIT unutuk meraih pangsa pasar golongan menengah
kebawah dengan nama PT. COLUMBIA DHARMA PERTIWI (kemudian berganti nama
menjadi PT. COLUMBINDO PERDANA).
B. SEJARAH PERUSAHAAN
Pada
tahun pertama beroperasi, Columbia melaksanakan aktivitasnya dari
sebuah gedung kecil diatas tanah seluas 75 m2 yang beralamat di Jl.
Hayam Wuruk 111. Dari gedung bersejarah inilah para pendiri menyusun dan
merancang strategi-strategi pengembangan jangka pendek sampai dengan
jangka panjang. Pada gebrakan tahun pertama ini tanggapan dari
masyarakat begitu luar biasa. Namun pada tahun pertama, kegiatan
perusahaan membutuhkan pengorbanan penuh, tidak saja dalam bentuk materi
tetapi juga tenaga, pikiran dan waktu untuk memberikan pelayanan yang
memuaskan bagi konsumen.
Melimpahnya order permohonan kredit
mendorong perusahaan untuk lebih meningkatkan mutu kerja. Sedikit demi
sedikit manajemen, administrasi dan strategi perusahaan mulai dibenahi,
terutama dibidang pemasaran. Tenaga-tenaga operasional dididik dan
dilatih baik keterampilan, pengetahuan maupun moral / mental.
Keahlian
kerja ditingkatan menuju efektivitas dan efisien. Upaya ini tidak
sia-sia terbukti dari adanya peningkatan omzet dari waktu ke waktu.
Tahun 1983 Columbia mulai ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Raya
Jakarta (PRJ) dan tercatat sebagai pelopor perusahaan kredit yang ikut
serta dalam kegiatan pameran tersebut. Orderan kian membengkak, bahkan
kosumen rela untuk antri dalam pengajuan kredit maupun pembayaran
angsuran. Selain itu pada tanggal 13 September 2006 kemarin “Beat
Compotition, Lead The Market” yang menampilkan prestasi dari para
pemenang Marketing Award (MA) 2006 dan PT. Columbindo Perdana menyandang
gelar “Special Award”.
Menyadari bidang
bisnis ini sebagai lahan baru yang demikian cerah, maka bermunculan pula
perusahaan sejenis sebagai competitor Columbia. Hal ini sepenuhnya
disadari Columbia untuk berjuang dan mempertahankan aksistensinya dengan
pengembangan nilai-nilai bisnis baik budaya korporat yang baik maupun
system pelayanan yang memuaskan. Selanjutnya Columbia melebarkan sayap
pelayanannya diluar kota Jakarta. Pada bulan Oktober 1983, diresmikan
cabang pertama yang berlokasi di Jl. Nur Said, Bandung. Gebrakan pertama
ini ternyata membawa peningkatan. Peningkatan dan pengembangan terus
dilakukan hingga pada akhir tahun 1987 tercatat Columbia telah memiliki 2
(dua) cabang di DKI Jakarta dan 8 (delapan) cabang diluar Jakarta.
Seperti layaknya orang tua, kantor pusat tak henti-hentinya
memperhatikan dan mengajari cara berjalan yang benar. Hal ini
dimaksudkan agar jangan menyimpang dari visi dan misi perusahaan. Meski
seluruh cabang diberikan porsi yang sama tidak semua cabang tumbuh sama
suburnya. Hingga saat ini Columbia telah tersebar di 210 kota pada 22
propinsi di Indonesia.
Berbagai program-program pendidikan dan
pengembangan karier setiap karyawan secara terus menerus dilakukan.
Pertemuan bulanan misalnya, perusahaan mewajibkan kepada seluruh
karyawan mulai dari Office Boy sampai Direksi untuk menghadiri program
ini. Tidak hanya sebatas pertemuan bulanan, setiap bagian dianjurkan
jadwal pendidikan sendiri, khuhus untuk unit departemennya masing-masing
yang dikoordinasi dengan Divisi pelatihan, sehingga dengan demikian
seluruh karyawan dalam bagiannya dapat menambah bekal pengetahuannya
sekaligus lebih menjiwai posisi jabatannya.
Semakin
tinggi persaingan pasar mendorong perusahaan untuk kian mawas diri.
Kesadaran untuk mengingkatkan mutu dan ifisiensi kerja berkembang.
Tahun-tahun pertama perusahaan terpaksa mempraktekkan system management
By authority di mana jalur keputusan seluruhnya di ambil dan di awasi
langsung oleh Top Managemant. Hal ini di kaitkan dengan karyawan yang
tidak sepenuhnya berpengalaman.
Kebijakan-kebijakan Direksi di Bidang
Personalia tidak memberikan batasan prioritas bagi karyawan tertentu.
Semua penilaian berdasarkan obyektivitas perusahaan tanpa melihat apakah
karyawan dekat dengan Direksi ataupun karyawan lama. Sama sekali tak
berlaku prinsip anak emas untuk mencegah timbulnya suasana kerja yang
tidak sehat. Kepercayaan yang diberikan secara obyektif kepada karyawan
diperkuat dengan adanya pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk
program pendidikan dan perusahaan.
Program pendidikan ini berpengaruh
terhadap perkembangan karier setiap karyawan yang ingin meraih jenjang
karier yang lebih tinggi. Pertemuan bulanan misalnya, yang melaksanakan
dari, oleh dan untuk karyawan. Tidak satu dua kali pula didatangkan
penceramah / yang akan memberikan motivasi dari luar untuk membawakan
materi yang jauh lebih tinggi mutu dan ruang lingkupnya. Kualitas
karyawan yang terus ditambah dan ditingkatkan menjadi pondasi bagi masa
depan perusahaan.
Untuk menunjang pentingnya peranan membaca, Direksi
tidak segan-segan memberikan contoh membaca yang patut di acungi
jempol. Meski kendala waktu merupakan problema bagi seorang Direksi yang
sibuk, namun Leo Chandra tak pernah lupa menyisihkan waktu untuk
membaca bahkan dilakoni sampai pukul 02.00 pagi.
Tidak hanya di rumah, di mobilpun tersedia lampu baca. Dengan demikian di harapkan dapat memacu gairah membaca karyawan.
Karena
lewat bacaanlah kita dapat menggali pengetahuan lebih. Fasilitas yang
di sediakan perusahaan berupa perpustakaan lengkap dengan buku-bukunya.
Faktor kesejahteraan sosial bersama dalam kebijaksanaan-kebijaksanaan
yang di rumuskan setiap tahun oleh pimpinan berdasarkan prestasi dan
masa kerja.
Penelitian para pengamat ekonomi melihat prospek yang
kuat dalam kredit konsumen, meskipun situasi perekonomian sedang krisis.
Dapat di pastikan, bisnis perkreditan akan merupakan lahan yang
memberikan prospek semakin cerah di Indonesia di masa yang akan datang.
Beberapa
perkembangan tampaknya mendorong pula ke arah itu. Hasil industri di
Indonesia jumlahnya kian melimpah menjelang perbaikan ekonomi Indonesia,
sementara jika kita menengok daya beli masyarakat kian melemah. Dan
salah satu jalan keluar terbaik dengan menyalurkannya dengan bentuk
kredit.
Sedang hampir setiap hari masyarakat diserbu penawaran
barang-barang cicilan mulai dari alat kebutuhan rumah tangga, kantor,
computer sampai dengan mobil. Baik lewat iklan atau Sales exe door to
door.
C. VISI DAN MISI PERUSAHAAN
PT.
Columbindo Perdana di bangun dengan tujuan menjadi perusahaan RETAEL
(Cash & Credit) nomor satu di Indonesia dalam hal mutu dan kemampuan
memperoleh laba maupun pertumbuhan Industri yang terarah.
Sasaran
dasar yang paling di utamakan oleh PT. Columbindo Perdana yaitu menjamin
mutu atau kualitas agar terdapat kepuasan pada Pelanggan atau Konsumen,
Supplear, Kreditor, Pemegang Saham, Top Management dan karyawan karena
dengan begitu perusahaan ini akan menjadi perusahaan yang paling baik.
D. STRUKTUR ORGANISASI
Adapun struktur organisasi PT. Columbindo Perdana Cabang Tangerang dapat di lihat pada gambar di bawah ini :
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
A. PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan
yang saya lakukan selama 2 (dua) bulan di instansi atau di PT.
Columbindo Perdana Cabang Ciledug saya membantu di bagian ADM A/R mulai
pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, antara lain :
Persiapan dan merekap kwitansi Outdoor yang akan di bawa oleh Collector melalui DPK (Tambahan).
Menyusun kwitansi yang janji bayar untuk di susun di file.
Mecocokan kwitansi yang di kembalikan oleh Collector dengan DPK.
Menyusun kartu A/R yang di bawa Collector hari ini sesuai DPK.
Membuat Collection Report Outdoor sesuai dengan data yang bayar di DPK.
Collection Outdoor di setorkan ke kasir untuk di cocokan dengan uangnya.
Membuat laporan ADM harian.
Mencari
kartu A/R yang bayar Indoor sesuai wilayah masing-masing Collector dan
tidak boleh Pending (Tunda), apabila ada salah sumber, di catat di buku
Pending.
Posting kartu A/R yang sudah ada nomor KM (Kas Masuk).
Konfirmasi pertelpon atau surat konsumen yang menunggak.
Posting Indoor dan Outdoor ke DPP.
Membuat kwitansi Outdoor yang sudah jatuh tempo.
Membuat kwitansi Indoor yang terlambat.
Merekap DPK untuk besok hari.
Menerima Kwitansi Outdoor yang kembali dari Collector.
B. HASIL KEGIATAN
Setelah
2 (dua) bulan saya mengikuti dan menyelesaikan Kegiatan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) di PT. COLUMBINDO PERDANA saya mendapat banyak ilmu
baru dan kebetulan saya di tempatkan di bagian yang sesuai dengan
keahlian saya yaitu di bagian Keuangan dan bertambah pula pengalaman
saya di bidang Keuangan.
Dan setelah itu saya dapat lebih memahami tentang keuangan khususnya penjualan kas dan kredit.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN DAN SARAN
Dengan
bertambahnya pengalaman dan ilmu saya selama mengikuti kegiatan Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. COLUMBINDO PERDANA
BAB V
PENUTUP
Alhamdulillah
saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena Laporan Hasil Kegiatan
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini telah selesai, karena nanti saat
kelas 3 (tiga) saya tak perlu memikirkan laporan ini dan dapat fokus
pada pelajaran dan praktek-praktek khusus kelas tiga, dan mudah-mudahan
setelah laporan ini di perbaiki terus-menerus dapat di sahkan tanpa ada
lagi kesalahan yang fatal.
Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang turut membantu saya dalam menyelesaikan tugas laporan ini.
Karena
saya masih dalam proses belajar saya mohon maaf sebesar-besarnya atas
kesalahan yang saya buat di dalam ataupun diluar laporan ini, bila ada
saran atau kritik untuk kemajuan saya Insya Allah akan saya terima
dengan lapang dada.
Home »
» Contoh LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Contoh LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Posted by Unknown
Posted on 13.38.00
with No comments
0 komentar:
Posting Komentar