Home » » Zuckerberg, Si Pembuat Facebook

Zuckerberg, Si Pembuat Facebook

Diperiksa oleh:PapapFarras
Jika orang ditanya situs jejaring sosial apa yang paling diminati saat ini ? Tentu sebagian besar akan menjawab Facebook. Tentu saja! karena telah lebih dari seratus juta warga dunia kini menjadi kerajingan dengan facebook.com. Apapun alasan, maksud dan tujuan pengguna, dari mulai sekedar memperluas pertemanan lokal, regional maupun internasional, membuka account untuk promosi diri, meraih dukungan dalam pemilihan, hingga pengguna juga dapat berpartisipasi sebagai pengisi aktif situs. Adalah Presiden USA Barrack Hussein Obama, yang juga memanfaatkan situs ini untuk salah satu maksud diatas, pada saat masa pemilihan presiden Negara Adidaya Dunia itu. Bahkan beberapa perusahaan kaliber dunia seperti Ernst & Young telah menggunakan Facebook, termasuk Toyota yang menggunakan Facebook sebagai sarana komunikasi para karyawannya.

Berapa banyakkah dari pengguna Facebook yang mengetahui siapa pembuatnya? mungkin sedikit sekali yang mengetahuinya. Adalah seorang anak muda Amerika keturunan Yahudi bernama Mark Elliot Zuckerberg, salah satu dari tiga pendiri Facebook, yang saat ini menjadi CEO Facebook. Zuckerberg terlahir dari keluarga kaya dokter gigi bernama Edward Zuckerberg (ayah) dan Karen Zuckerberg (Ibu) yang saat ini memiliki 20 persen sahan di Facebook yang hingga saat ini secara keseluruhan telah memiliki nilai ekonomis sebesar 15 Milyar dollar AS.

Pendidikan Zuckerberg muda sebenarnya hanya lulusan setingkat SMA di Phillips Exeter Academy, New Hampshire, dan mahasiswa "drop out" dari Harvard University, Cambridge. Namun sejak SMA Zuckerberg senang mengutak atik teknologi informasi, membuatkan pemutar musik, synapse yang melacak selera konsumen soal musik, hingga saat di Harvard bersama dengan kedua temannya, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes (saat pemilihan presiden AS, Hughes kemudian direkrut Obama untuk membuat situs barracobama.com) menciptakan Facebook. Kemudian kiprahnya lewat Facebook melesat sejak bulan Pebruari 2004, saat diluncurkannya program ini kepada siswa di AS yang langsung membuka akun dan dari mulut ke mulut menyebar dan merambah sekolah dan universitas di AS. Kemudian mulai perangkul investor, seperti Peter Thiel, pendiri PayPal, dan Sean Parker, pendiri Napster. Dan pada Agustus 2005, secara resmi Zuckerberg menamakan perusahaannya Facebook. Hal yang mencengangkan adalah pada tahun 2006, saat Zuckerberg menampik tawaran Yahoo untuk membeli Facebook senilai 1 Milyar dolar AS.

Kini Facebook dibawah kepemimpinan Zuckerberg telah menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia menggantikan My Space setelah bulan April 2008. Bahkan Facebook kini telah kebanjiran tawaran iklan, kebanjiran uang seperti yang ditulis di situs Techcrunch pada desember 2008, karena tercatat telah memiliki lebih dari 100 juta orang yang aktif menggunakan aplikasi bergerak pada Facebook, 5 juta pengguna aktif bulanan pada iPhone Facebook, dan 3.25 juta orang pengguna aktif bulanan pada Blackberry untuk Facebook.
Zuckerberg, Si Pembuat Facebook Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/blog/1873704-zuckerberg-si-pembuat-facebook/
http://www.slide.com/r/urAcKNDl7j-XXzf86KLp2gb5b6q0Hr0d?previous_view=mscd_embedded_url&view=original

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive