Home » » Spanyol melarang merokok di restoran dan bar

Spanyol melarang merokok di restoran dan bar

UU baru diharapkan bisa bantu perokok hentikan kebiasaan

Parlemen Spanyol meloloskan undang-undang baru yang memperketat larangan merokok.

Berdasarkan undang-undang tersebut, terhitung mulai 2 Januari 2011, warga tidak diperbolehkan merokok di restoran, kafe, dan bar.

Yang juga dimasukkan sebagai kawasan bebas rokok adalah areal di sekitar rumah sakit dan di sekitar tempat bermain di sekolah.

Adegan merokok juga dilarang untuk ditayangkan di televisi.

Namun undang-undang yang diajukan Perdana Menteri Jose Luis Rodriguez Zapatero tersebut dikecam oleh para pengusaha restoran, cafe, dan bar.

Mereka mengatakan undang-undang ini akan makin mempersulit dunia usaha, yang telah mengalami penurunan 15% akibat resesi.

Empat tahun lalu Spanyol mengesahkan undang-undang yang melarang rokok di semua ruangan tertutup, namun ketika itu restoran tidak dimasukkan dalam zona larangan merokok.

Menurut undang-undang lama, aturan tentang merokok diserahkan kepada pemilik restoran dan sebagian besar memperbolehkan pelanggan untuk merokok.

Para wartawan mengatakan angka kematian akibat rokok di Spanyol mencapai 160 orang per hari dan dokter mengatakan undang-undang baru akan membantu perokok menghentikan kebiasan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive